Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Segini Gambaran Biaya Ganti Oli Mesin Satu Unit Bus

Irsyaad Wijaya - Selasa, 13 Maret 2018 | 17:40 WIB
Jetbus 2+ HDD
http://www.kmtourtrans.com
Jetbus 2+ HDD

Otomania.com - Nggak pernah terbayang, biaya perawatan sebuah bus antar kota, yang seharusnya lebih mahal ketimbang mobil pribadi. Ganti oli misalnya, kebutuhan volume sudah pasti lebih banyak.

Contohnya, ambil dua pilihan mesin dari pabrikan Hino berkode RK8 dan dari Mercedes-Benz berkode OH 1526. Keduanya bisa diaplikasikan pada bodi seri Jetbus 2 HD karoseri Adi Putro atau Laksana Legacy SR2.

Spesifikasi kedua mesin dan kebutuhan olinya berbeda. Hino RK8 bermesin turbodiesel 6 silinder berkapasitas 7.684 cc, tenaga 260 dk dan torsi 750 Nm.

(BACA JUGA: Buat Usaha, Bus Hino Bekas Tipe Jetbus 2 HD Adi Putro)

Sedangkan Mercedes-Benz OH 1526 sama pakai turbodiesel 6 dilinder, tapi berkubikasi 6.374 cc, dengan tenaga 260 dk dan torsi 950 Nm. Soal kebutuhan oli, keduanya juga berbeda kapasitas dan daya tampungnya.

Hino RK8 oli mesinnya butuh 12,7 liter, dan untuk Mercy OH 1526 bisa tenggak oli hingga 28 liter! Asumsinya, buatlah harga oli jenis diesel great menengah di kisaran Rp 70.000 per liter.

Hitungan matematikanya berarti Hino RK8 butuhkan dana sekali ganti oli sebesar Rp 889.000. Untuk Mercy OH 1526 lebih besar lagi, sekitar Rp 1,96 juta!

Mahal bukan hanya untuk sekali ganti oli? Belum jika ada parts lain yang butuhkan pergantian.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa