Jangan Salah Beli, Helm Balap Mobil dan Motor Itu Beda!

Irsyaad Wijaya - Senin, 9 April 2018 | 17:20 WIB
Helm mobil punya fitur keamanan khusus untuk penggunanya
Dio / GridOto.com
Helm mobil punya fitur keamanan khusus untuk penggunanya

Otomania.com - Balap mobil ataupun motor pasti diwajibkan untuk menggunakan helm sebagai pelindung ketika terjadi kecelakaan dan benturan. Namun, spesifikasi helm motor dan mobil ternyata berbeda!

Seperti ini perbedaannya yang dijelaskan oleh Antonio Sabato, Sales Supervisor Prime Gears, Distributor resmi merek Arai."Pertama ada di shell-nya. Helm mobil lebih tebal karena disiapkan untuk crash yang keras dan biar enggak gampang pecah," kata Antonio

Berlanjut, pada tahap pengetesan atau uji coba juga berbeda, karena standarisasinya lain. "Arai khusus mobil standarnya hanya Snell. Itu pun beda pengetesannya dengan Snell untuk helm motor," jelasnya.

"Kalau Arai motor malah bisa lebih banyak termasuk SNI segala," sambung Antonio dikutip dari GridOto.com beberapa waktu lalu.

(BACA JUGA: Teknologi Canggih, Helm Bisa Jadi Stop Lamp Motor)

Helm Arai model cross
Dio / GridOto.com
Helm Arai model cross

Selain itu, segi pelindungnya atau protektor juga beda. untuk helm khusus mobil disemati pengaman tambahan di leher dan punggung.

"Buat balap F1, rally, gokart, dan lainnya itu butuh pengaman lebih untuk mengurangi cidera leher atau punggung saat crash," lanjut Antonio.

kemudian, perbedaan lain pada segi visor, pada helm mobil lebih kecil dari pada motor. Tujuannya untuk melindungi mata atau muka dari pecahan benda ke penggunanya, salah satunya lindungi dari pecahan kaca saat kecelakaan.

"Selain itu biar matahari enggak langsung kena mata dan juga biar pandangan lebih fokus ke depan," tuturnya.

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X