Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

7 Perbedaan MotoGP dan World Superbike

Irsyaad Wijaya - Rabu, 4 April 2018 | 15:55 WIB
MotoGP dan World Superbike
Kolase GridOto
MotoGP dan World Superbike

Otomania.com - Tak diragukan nama MotoGP lebih tenar ketimbang World Superbike, karena promotornya sendiri, Dorna Sports. lebih memprioritaskan MotoGP. Namun, banyak yang belum mengerti perbedaan antara kedua ajang balap tersebut.

Dilansir dari Box Repsol, dijelaskan perbedaan antara MotoGP dan World Superbike, setidaknya ada tujuh pembeda sebagai berikut:

1. Motor

World Superbike vs MotoGP
bikesrepublic.com
World Superbike vs MotoGP

Perbedaan ini yang paling mendasar, yakni motor di MotoGP adalah prototype yang tak diproduksi masal dan dijual umum. Sedangkan World Superbike menggunakan motor besar yang dirakit masal dan dijual bebas ke publik.

Tapi meskipun motor diproduksi masal dan dipakai di jalan umum, untuk yang ada di World Superbike pasti sudah tampil dengan sentuhan modifikasi.

(BACA JUGA: Nggak Sabar Seri Kedua MotoGP di Argentina? Nih Jadwal Lengkapnya)

2. Asal mula balapan

MotoGP lahir dari balapan Eropa saat perang dunia II lalu bertransformasi menjadi World Speed Championship pada tahun 1949. Saat itu kelas yang dilombakan bermacam dari kapasitas 125 cc, 250 cc, 350 cc, dan 500 cc yang kemudian ada kelas 50 cc (1962-1983) dan 80 cc (1984-1989) hingga saat ini ada Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Sedangkan World Superbike mulai muncul di Amerika lalu sekitar tahun 1970-an diubah menjadi FIM 750 Cup. Lalu, sekitar tahun 1988 barulah muncul nama Superbike World Championship yang akhirnya bertahan hingga sekarang dengan beberapa seri.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa