Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Michelin Khusus Motor MotoGP Nggak Ada Harganya

Irsyaad Wijaya - Minggu, 1 April 2018 | 15:11 WIB
Ban Michelin
motorcyclenews.com
Ban Michelin

Otomania.com - Semua komponen yang terpasang di motor MotoGP berbeda jauh dengan yang ada di motor konvensional pada umumnya. Hal sepele seperti ban, juga sangat beda secara spesifikasi.

Itulah kenapa, seperti dilansir Motorcycle.com, ban Michelin yang saat ini digunakan hampir semua motor MotoGP dikatakan tak ada harganya. Ya, nggak bisa dibeli juga.

Hal itu karena Michelin sebagai pemasok tunggal ban MotoGP, menyatakan bahwa ban-ban yang digunakan dalam balapan termasuk ke dalam biaya riset.

Data yang didapat dari balapan memberi keuntungan bagi Michelin, karena perusahaan mendapat input data dari setiap seri balap. Manfaatnya sebagai bahan masukan untuk mengembangkan ban motor yang lebih kompetitif.

Lalu, alasan ban Michelin untuk MotoGP tak ada harganya karena memang tak dijual bebas. Setiap ban yang dipakai tim balap, bukanlah properti, tapi pinjaman dari Michelin.

(BACA JUGA: Michelin Tetap Jadi Pemasok Tunggal Ban MotoGP)

Teknisi Michelin sedang bekerja
Marca.com
Teknisi Michelin sedang bekerja

Maka setiap selesai balap, ban akan ditarik kembali ke pihak Michelin. Setiap tim balap pun dibekali satu teknisi dari Michelin untuk mencatat dan memberi tanda di setiap ban.

Ban yang telah digunakan balap dan ditarik kembali tadi nantinya akan dianalisa di laboratorium Michelin untuk diambil datanya. Seperti material bahan, kompon , tekanan ban, sampai berapa persen habisnya.

Dengan gambaran seperti di atas bisakah dibayangkan, berapa harga satu buah ban jika di pasarkan secara umum?

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa