Apakah Warna Oli Berpengaruh Terhadap Kualitasnya?

Irsyaad Wijaya - Rabu, 28 Maret 2018 | 09:45 WIB
Ilustrasi ganti oli mobil
Ilustrasi ganti oli mobil

Otomania.com - Setiap pelumas beda merek selalu punya pembeda. Paling mudah adalah soal warna yang kadang sering bikin kita bingung. Lantas apa yang menjadi sebab tiap oli punya warna berbeda? Berpengaruhkah pada kualitas?

Ari Susanto, Plant Director PT Federal Karyatama, produsen dari Fedral Oil, menjelaskan perbedaan warna oli bukan sebagai patokan terhadap kualitas. Terlebih dia juga mengatakan jangan mudah mengasumsikan jika oli berwarna hitam dicap sebagai oli bekas atau kotor.

Pasalnya meskipun oli dalam keadaan baru dan masih tersegel botolnya, saat dituangkan ke dalam mesin lalu dikeluarkan kembali pasti akan tetap menghitam warnanya.

(BACA JUGA: Bentuk Sama, Tapi Amankah Filter Oli Mobil Dipasang ke Motor 250 cc?)

Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini yang akan menerangkan pengaruh warna oli terhadap kualitas. Luangkan waktu sedikit, nggak sampai satu menit.

 

A post shared by GridOto (@gridoto) on


Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa