Hindari Ganjil-Genap di Tol Bekasi, Pengendara Mobil Pakai Trik Ini

Irsyaad Wijaya - Senin, 12 Maret 2018 | 12:55 WIB
Hari pertama penerapan ganjil-genap di Tol Bekasi Barat 1
Adam/GridOto.com
Hari pertama penerapan ganjil-genap di Tol Bekasi Barat 1

Otomania.com - Sejumlah pengendara mobil yang berpelat nomor ganjil hari ini, Senin (12/3/2018) tak bisa masuk ruas tol Jakarta -Cikampek karena aturan Ganjil-Genap via GT Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Tapi ternyata ada cara jitu dari masyarakat yang berpelat ganjil agar tetap bisa lewati.

Trik yang digunakan yakni berangkat lebih pagi untuk hindari pemberlakuan pelat kendaraan ganjil-genap di ruas tol. Aturan tersebut berlaku mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

Hal itu hasil pantauan di titik Gerbang Tol Bekasi Barat I sebelah Mall Revo Town arah Jakarta terlihat sangat padat antrean pada pukul 05.60 WIB. Mobil dengan pelat ganjil dan genap masuk bebarengan ke GT tersebut hingga akibatkan antrean mengular sampai 300 Meter hingga je Jl Ahmad Yani, Bekasi.

Muktar (34), salah satu pengendara mobil asal Rawalumbu, Kota Bekasi, mengatakan dirinya pilih berangkat lebih awal. Muktar biasanya start dari rumah pukul 06.00, tapi setalah tahu aturan ganjil-genap tersebut, disiasati dengan berangkat lebih awal pukul 05.30.

(BACA JUGA: Warga Bekasi Bersiap, Tol Cikampek Bakal Terapkan Ganjil-Genap)

"Kayaknya pengendara yang lain juga menyiasati perjalanan dengan berangkat lebih awal. Biasanya kemacetan hanya mengular puluhan meter tapi sekarang bisa ratusan meter," ucap Muktar yang bekerja di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Muktar juga mengatakan bahwa dirinya tak mau beralih ke angkutan umum meskipun kemacetan selalu dirasakan. Dalihnya, naik angkutan umum tetap merepotkan untuk menuju tempat kerjanya.

"Kalau naik bus tetap macet juga di tol, sementara di kereta berhimpitan. Saya pernah dicopet di kereta saat situasi sangat padat," imbuh Muktar.

Ya, rupanya aturan seperti ini memang harus diimbangi dengan kebijakan lain yang mendukung, termasuk pengadaan saran tarnsportasi umum yang memadai, layak, dan aman hinga ke jalan arteri.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa