Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Makna Kode CBR, YZF, GSX, dan ZX pada Motor Sport

Fedrick Wahyu - Rabu, 28 Februari 2018 | 09:05 WIB

Otomania.com - Pabrikan motor Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki sering menggunakan singkatan atau kode pada motor sprot fairing mereka. Kita sering menyebutnya, tapi dijamin tidak banyak yang tahu artinya.

Contohnya Honda CBR1000RR Fireblade, Yamaha YZF-R1, Suzuki GSX-R1000, dan Kawasaki ZX-10R. Kalau belum bisa menjelaskan artinya, simak artikel ini sampai habis.

1. CBR

CBR1000RR Fireblade
asphaltandrubber.com
CBR1000RR Fireblade

Honda CBR banyak beredar di Indonesia. Ternyata banyak yang kurang tepat dalam menyebut kepanjangannya. Ada yang menyebut Closed Body Racer, ada juga yang sering bilang Commuter Bike Racer. Tak sedikit yang menyebutnya Cross Beam Racer.

(BACA JUGA: Honda CBR250R Satu Silinder Belum Punah, Malah Dapat Facelift)

Cross Beam Racer berasal dari fakta bahwa CBR memiliki mesin yang disematkan pada rangka motor. Sedangkan dari penjelasan Dan Hancock, salah satu tim riset Honda. Dari beberapa kepanjangan itu, City Bike Racing (Racer) merupakan kepanjangan yang bisa diterima.

2. YZF

Yamaha R25 dengan fairing R1
bikehouse-zero.com
Yamaha R25 dengan fairing R1

Kalau kode ini mungkin agak jarang terdengar. Karena motor dari Yamaha dengan kode ini sering dipanggil dengan nama belakangnya. Contohnya YZF-R15, YZF-R25, YZF-R6, hingga YZF-R1. Nah, ternyata singkatan dari YZF ini adalah Yamaha Zinger Fourstroke.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa