Sudah Seperti Handphone, Hidupkan Motor Pakai "Fingerprint"

Irsyaad Wijaya - Senin, 26 Februari 2018 | 09:05 WIB
teknologi baru hidupkan mesin tanpa kunci kontak
Instagram/@duwiarsana
teknologi baru hidupkan mesin tanpa kunci kontak

Otomania.com - Semua hal bisa jadi mungkin. Sama seperti karya pemuda Indonesia ini yang memindahkan teknologi pengenalan sidik jari (fingerprint) seperti yang dipakai banyak merek ponsel, untuk menyalakan mesin sepeda motor.

Hal ini terpantau dari unggahan akun Instagram @duwiarsana yang berisi video, bagaimana cara kerja alat itu untuk menyalakan mesin motor. Dalam video terlihat, sang pemilik tak perlu lagi menggunakan kunci seperti motor umumnya, hanya tinggal menempelkan salah satu jari tangannya.

Saat jari menempel sekali, kelistrikan mulai menyala dengan disambut suara backsound wanita dengan bahasa Inggris yang intinya berkata siap untuk menyalakan mesin. Lalu, saat meletakan jari kedua kalinya mesin mulai menyala dengan sendirinya.

Sedangkan untuk proses mematikan mesinnya pun sama, hanya meletakan jari tadi ke fingerprint dan seketika motor akan mati sendiri. Ternyata, pemuda kreatif itu bernama Anak Agung Duwi Arsana yang berasal dari Bali.

(BACA JUGA: Fitur Kunci Wuling Confero yang Tak Dipunyai Kompetitor)

Dengan begitu, teknologi ini bisa saja menjadi alat canggih yang mampu mengurangi angka pencurian motor yang marak terjadi. Pasalnya, tanpa sidik jari pemilik, nihil mesin motor bisa menyala.

Untuk lebih jelasnya simak deh video di bawah ini:

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa