Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gaya Bonceng Cewek Duduk "Ngangkang" Malah Lebih Aman

Fedrick Wahyu - Jumat, 23 Februari 2018 | 17:40 WIB
Boncengan ngangkang ternyata lebih aman daripada menyamping
at0zz.wordpress.com
Boncengan ngangkang ternyata lebih aman daripada menyamping

Otomania.com - Banyak pendapat candaan yang mengatakan kalau cewek baik-baik pasti boncengnya menyamping. Sedangkan cewek "nakal" pasti bonceng ala cowok, alias "ngangkang".

Gaya bonceng menyamping ini ternyata sudah ada yang memopulerkan sejak zaman dulu. Pada zaman para koboi, seorang cewek naik kuda dengan cara menyamping, hal itu agar dianggap feminim dan terhormat.

Namun, karena perkembangan zaman, motor muncul dan memberikan risiko bahaya yang lebih besar. Mulai dari kecepatan yang tinggi, dan kondisi lalu lintas yang tak tentu.

Keamanan para boncenger atau nama kerennya co-rider ini juga wajib diperhatikan. Sebab, boncenger juga mempengaruhi keseimbangan dan keselarasan bermotor.

(BACA JUGA: Helm Hadiah Pembelian Honda PCX 150 Tuai Cibiran)

Edi Setiadi Putra analis desain motor, dosen FSRD ITENAS Bandung berkomentar, kalau dari sisi keilmuan, posisi boncengers terkait dengan beberapa hal seperti antropometri (human dimension), bio-mechanic (ilmu tentang gerak tubuh) dan fisiologi (faal psikologi dan penginderaan).

"Posisi ideal nggak boleh lepas dari semua ini, semata demi alasan safety," kata Edi.

Maka posisi yang paling ideal bagi boncenger adalah sama dengan si pengendara. Sedangkan posisi duduk menyamping itu sangat membahayakan karena gerak tubuh terbatas dan susah menjaga keseimbangan.

Keselarasan gerak tubuh jadi tidak sinergi, lalu posisi ini juga kurang nyaman saat mengantisipasi keadaan berbahaya, semisal jatuh dari motor.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa