Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komponen Kawasaki H2 Ini Bisa Berputar Sampai 130.000 RPM!

Fedrick Wahyu - Rabu, 21 Februari 2018 | 10:50 WIB
Ninja H2™ Carbon
Boyd Jaynes
Ninja H2™ Carbon

Otomania.com - Dua hari terakhir, muncul berita cukup heboh yang menampilkan seorang pengusaha asal Kalimantan pembeli Kawasaki H2 Carbon. Motor itu istimewa, karena hanya ada 120 unit di dunia, dan Indonesia cuma dapat jatah satu.

Tapi, Kawasaki H2 memang dahsyat. Sebab dengan mesin berkapasitas 998 cc 4-silinder segaris 16 klep ditambah supercharger, jantung pacu ini mampu menyemburkan tenaga sampai 200 tk @10.000 rpm.

Putaran mesin 10.000 rpm itu sudah terbilang cukup tinggi, namun ternyata masih ada satu komponen Ninja H2 yang bahkan bisa berputar sampai 130.000 rpm. Komponen motor ini tak dimiliki semua motor, yakni impeller yang berada di dalam supercharger.

(BACA JUGA: Pria Ini Satu-satunya Pemilik Kawasaki Ninja H2 Carbon Di Indonesia)

Impeller ini digerakkan oleh planetary gear yang umumnya ada pada pesawat terbang. Impeller sendiri berfungsi memperkencang aliran udara yang masuk ke ruang bakar.

 Ninja H2ô Carbon
CAPs Association
Ninja H2ô Carbon

Sistem kerja supercharger pada Ninja H2 sebenarnya mirip dengna teori sederhana more air = more power (makin banyak udara = makin bertenaga).

Artinya, semakin banyak asupan udara, maka asupan bahan bakar bisa menjadi lebih banyak dan pastinya tenaga ikut terdongkrak.

Nah, biar makin tahu seperti apa itu impeller di Kawasaki Ninja H2 dan H2R, bisa langsung tonton video ini:

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa