Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tanpa Ampun! Presiden Filipina Remukkan 30 Mobil Mewah Rp 16,2 Miliar

Irsyaad Wijaya - Rabu, 7 Februari 2018 | 19:03 WIB
Buldozer Mengilas Mobil Mewah
AFP/Ted Aljibe
Buldozer Mengilas Mobil Mewah


Otomania.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte terkenal dengan ketegasannya dalam memimpin negaranya. Salah satu kebijakannya yang sempat kontroversial adalah tembak mati bagi pengedar narkoba.

Selain itu, Duterte juga mengecam keras tindakan korupsi di negaranya. Salah satu bukti nyatanya adalah memerintahkan biro bea cukai untuk menghancurkan puluhan mobil mewah yang tersimpan dari hasil penyitaan yang akan diselundupkan ke Filipina.

Deretan mobil mewah yang diremukan mulai dari Jaguar, Lexus, Corvette Stingray, dan masih banyak lagi dari produk Jerman dan Jepang. Padahal, jika diuangkan totalnya bisa mencapai USD 1,2 juta, atau setara dengan Rp 16,2 miliar.

Pemusnahan dilakukan di halaman kantor bea cukai Manila, Filipina. Tak pandang bulu memang sikap dari Presiden Duterte ini dalam berantas kejahatan kerah putih di negaranya.

(BACA JUGA: Koleksi Mobil Mewah Sunan Kalijaga, Sebanding Milik Hotman Paris?)

Duterte Saat Menghadiri Penghancuran Puluhan Mobil Mewah
AFP/Ted Aljibe
Duterte Saat Menghadiri Penghancuran Puluhan Mobil Mewah

"Hancurkan semuanya hingga menjadi lempengan besi," ucap Duterte di hadapan para pegawai bea cukai, dikutip dari AFP.

Aturan sebelumnya, ketika sebuah barang hasil selundupan tertangkap, akan dilelang melalui balai lelang resmi milik pemerintah. Sikap tegas Duterte bukan tanpa tanggung jawab, Dirinya berani menjamin akan ganti rugi semuanya.

Salah satu penyumbang terbanyak pemasukan Filipina adlah dari Instansi Bea cukai ini. Meskipun dalam survei resmi, biro yang bertugas memantau pajak barang impor dan instansi ini tercatat sebagai yang paling korup.

(BACA JUGA: Koleksi Mobil Mewah Mentereng Ketua DPR yang Baru)

Keterangan lain disampaikan langsung oleh pimpinan dari instansi Bea Cukai, Isidro Lapena yang menuturkan sudah hampir setahun Dirinya menjabat, sudah banyak melakukan mutasi pegawai sebanyak 691 dari 7.000 staf. Sementara yang telah dipecat ada dua orang dan dinonaktifkan sebanyak 16 orang akrena diduga terlibat korupsi.

Puluhan Mobil mewah telah Hancur
ibtimes.co.uk
Puluhan Mobil mewah telah Hancur

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa