Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tertarik Beli Motor Hasil Tarikan Leasing? Kondisi Apa Adanya

Irsyaad Wijaya - Selasa, 6 Februari 2018 | 18:31 WIB
Petugas lwsing mendata motor hasil tarikan konsumen
KompasOtomotif
Petugas lwsing mendata motor hasil tarikan konsumen

Otomania.com - Belakangan menjamur lembaga pembiayaan yang menawarkan promo menarik mulai dari bunga nol persen hingga cash back. Ini lah yang membuat sejumlah warga tertarik memboyong motor baru secara kredit dengan lewat leasing.

Masalahnya, banyak masyarakat yang tak mau mengukur kemampuannya untuk bisa mengangsur bulanan. Alhasil, jika telat mencicil beberapa bulan, motor yang disayang bakal ditarik oleh leasing.

Lalu, tak jarang masyarakat bertindak curang sebelum motornya ditarik petugas. Beberapa komponen yang terpasang sudah dipreteli atau diganti dengan palsu. Seperti yang terjadi di gudang simpanan motor tarikan milik Adira Finance, di Tapos, Depok.

Salah satunya motor jenis sport Kawasaki Ninja yang sudah tak punya mata lagi alias lampu depan hilang. Lalu ada banyak motor matik yang bodinya sudah pecah dan tak komplit.

(BACA JUGA: Beli Motor Usia di Atas 5 Tahun Tak Boleh Kredit, Siasatnya Begini)

Beberapa motor hasil tarikan di gudang simpanan Adira Finance
KompasOtomotif
Beberapa motor hasil tarikan di gudang simpanan Adira Finance

Motor yang datang dengan kondisi rusak, dibiarkan saja tanpa ada tindakan perbaikan. Ini sudah menjadi aturan dari Adira yang akan menjual lagi kendaraan tarikan dari konsumen dengan kondisi apa adanya.

Hal itu yang dikatakan oleh Mahfuddin Abdurrahman, Section Head Warehouse Officer Adira Finance. "Kalau dari kita apa adanya. Biar nanti diler yang melengkapi," ucap Mahfuddin.

Selain itu, Mahfuddin juga menerangkan, diler motor bekas tak serta merta asal beli, tetapi memilihnya terlebih dulu yang masih laku dijual ke pasaran. Setelah itu biaya perbaikan akan dibebankan ke konsumen dengan trik menjualnya agak tinggi.

Diler motor bekas tadi juga langsung urus surat-suratnya untuk pembeli yang sudah tertarik. "Kalau pajaknya mati, dari diler yang bayar. Itu termasuk biaya rekondisi. Kalau konsumen OK membeli, diler juga langsung mengurus balik nama," tutur Mahfuddin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa