Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Adu Cepat Motor MotoGP Vs Mobil F1, Hasilnya Menakjubkan

Irsyaad Wijaya - Minggu, 28 Januari 2018 | 13:00 WIB
MotoGP vs Formula 1
www.redbullcontentpool.com
MotoGP vs Formula 1

Otomania.com - Saat ini dunia otomotif punya dua balapan paling bergengsi yaitu MotoGP dan Formula 1. Keduanya terkenal dengan kecepatan kendaraannya yang bisa tembus sampai 300 kpj dan pastinya bisa lebih.

Namun, banyak pertanyaan muncul, bagaimana jika kedua kendaraan cepat itu diadu. Siapakah yang tercepat, apakah mobil F1 atau motor MotoGP?

Ternyata, hal ini pernah dibuktikan oleh perusahaan besar yang juga turut menjadi sponsor dalam ajang balap keduanya yaitu RedBull. Test pembuktian tersebut mengadu akselerasi antara motor dan mobil cepat itu.

Kendaraan yang dijadikan pembuktian adalah Honda RC213V 2015 milik Marc Marquez dengan mobil F1 RB 11 yang dikendarai Daniel Ricciardo. Hasilnya, kedua kendaraan tersebut punya kelebihan sendiri-sendiri.

(BACA JUGA: Beli Mobil F1 Bekas, Lalu Direstorasi Ulang. Apa Jadinya?)

Ketika dites pada kecepatan 0-100 km/jam, kedua mesin super ini sama torehan waktunya. Waktu yang dicetak sama yaitu 2,6 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam.

Namun, ketika dites dalam akselerasi 0-200 km/jam perbedaan mulai muncul. Motor MotoGP yang jadi juaranya karena berhasil menghasilkan waktu hanya 4,8 detik, sedangkan mobil F1 terpaut 0,4 detik yaitu 5,2 detik.

Hal ini karena mobil F1 tertahan oleh sistem elektroniknya. Sedangkan motor MotoGP punya kebebesan membuka gas lebih. Namun, pada percobaan ketiga, jarak ditambah menjadi 0-300 km/jam, hasilnya berbeda lagi.

mobil F1 yang menjuarainya dengan catatan waktu 10,6 detik, sedangkan motor MotoGP terpaut pada catatan waktu 11,8 detik.

(BACA JUGA: Honda Plagiat Fairing Milik Ducati di Tes Privat Sepang?)

Kesimpulan yang bisa diambil jika masih diteruskan pada akselerasi lanjutan mobil F1 yang akan menjuarainya.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa