Lihat Yamaha Lexi 125 Vs NMAX 155 Adu Akselerasi

Fedrick Wahyu - Kamis, 25 Januari 2018 | 17:30 WIB
Yamaha Lexi 125 VVA Bluecore
Istimewa
Yamaha Lexi 125 VVA Bluecore

Otomania.com - Yamaha Lexi 125 akan segera diluncurkan oleh Yamaha Indonesia. Lexi 125 serdiri digadang-gadang sebagai penantang berat untuk Honda Vario 125.

Baru-baru ini beredar video, Yamaha Lexi 125 menantang Yamaha NMAX 155 untuk adu akselarasi. Hal itu dilakukan karena Yamaha Lexi 125 VVA Bluecore diklaim punya akselerasi yang sebanding dengan NMAX.

Video yang ditampilkan di depan panggung dan direkam lewat Facebook live oleh akun Facebook Yamaha Agung Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dalam video tersebut terlihat Yamaha Lexi 125 mampu mengimbangi Yamaha NMAX saat start. Namun, dalam video tersebut jarak yang digunakan terlihat cukup pendek, sehingga top speed Lexi 125 belum bisa diketahui.

(BACA JUGA: Mesin Lexi 125 Ternyata Mirip Dengan Skutik Yamaha Asal Vietnam!)

Jika melihat kapasitas mesinnya Yamaha Lexi yang lebih kecil dari Yamaha NMAX, maka itu merupakan sebuah nilai plus bagi Lexi 125. Alasan dari tangguhnya Yamaha Lexi 125 untuk menyaingi akselerasi NMAX 155 adalah mesin yang berteknologi VVA Bluecore.

VVA atau variable valve actuation adalah teknologi klep masuk dengan 2 buah bumbungan di kem, yakni low rpm dan high rmp. Saat putaran rendah makan menggunakan yang low, lalu saat putaran atas, ECU akan memindahkan durasi kem.

Hal itu membuat putaran bawah torsi tetap maksimal karena bukaan klep menyesuaikan kebutuhan. Begitu pula dengan putaran atas, tenaga juga maksimal karena durasi kem ikut tinggi.

(BACA JUGA: Ada Roh Aerox 155 dari Yamaha Lexi 125 VVA Bluecore)

 

Meski mesinnya lebih kecil dari Yamaha NMAX 155, Yamaha Lexi 125 VVA Bluecore diklaim punya akselerasi yang enggak kalah kencang dari sang kakak. Klaim ini dibuktikan Yamaha lewat sebuah video yang diputar saat perkenalan perdana Yamaha Lexi 125 di depan internal meeting jaringan dealer Yamaha Indonesia (15/1/2018). Video ini ditampilkan di depan panggung dan direkam secara live oleh akun Facebook Yamaha Agung Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam potongan videonya, tampak jika Yamaha Lexi 125 sejak start enggak kalah responsif. Video credit : Yamaha Agung Tasikmalaya Dan jangan lupa Kunjungi GridOto.com (klik link di bio) #YamahaNMAX #NMAX #Lexi #YamahaLexi #Yamahasemakindidepan #gridoto #otomania #otomotifweekly #jip #kompasotomotif #Motorplus #duniaotomotif #gridnetwork

A post shared by GridOto (@gridoto) on

"Akselerasinya hampir mirip NMAX, cocok untuk perkotaan," klaim narasumber dari Yamaha Indonesia, dikutip dari GridOto.com.

Selain itu mesin Yamaha Lexi 125 juga dilengkapi dengan stop start system (SSS) atau idling stop system. Fitur ini mampu membuat mesin mati otomatis saat idle atau langsam dan akan menyala kembali cukup dengan menarik handle gas.

Dengan fitur ini konsumsi bahan bakar bisa dikurangi, terutama saat berada di jalanan yang macet atau saat berhenti di persimpangan jalan.

Ada lagi, teknologi SMG yang menyatukan generator pengisian dan dinamo starter. Hal ini membuat dinamo starter konvensional ditinggalkan. Teknologi ini bisa dikatakan menyerupai dengan teknologi ACG (Alternator Current Generator) milik Honda.

SMG pada Lexi 125 diletakkan satu poros dengan crankshaft. Sehingga bisa memutar langsung tanpa adanya gir penghubung, starter menjadi lebih halus.


Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa