Beli Mobil F1 Bekas, Lalu Direstorasi Ulang. Apa Jadinya?

Irsyaad Wijaya - Rabu, 24 Januari 2018 | 10:05 WIB
Restorasi mobil balap F1 CT05 tim Caterham
Caterhamf1.co.uk
Restorasi mobil balap F1 CT05 tim Caterham

Otomania.com - Pernah terbayang seseorang bisa memiliki sebuah mobil yang biasanya digunakan untuk ajang balap bergengsi yaitu F1? Hal itu terbukti oleh seseorang yang berasal dari Inggris yang bernama Kevin Thomas.

Dia mendapatkan satu unit mobil F1 dalam kondisi bekas dari sebuah pelelangan barang-barang tim Caterham Formula 1. Caterham adalah salah satu tim yang mengikuti ajang balap jet darat, F1, namun pada 2014 lalu tim ini undur diri karena bangkrut.

Tim Caterham F1 selalu identik dengan kelir mobilnya yang berwarna hijau glossy. Berawal dari inilah akhirnya, kevin mendapatkan bekas mobil balap tersebut.

Namun saat mendapatkan mobil ini, Kevin mengungkap bahwa kondisinya rusak parah, termasuk juga pada bagian sasis akibat kecelakaan yang dialami pembalap dari tim Caterham yaitu Marcus Ericsson.

(BACA JUGA: Bagaimana Rasanya Mobil Lama Direstorasi Gratis?)

Proses restorasi CT05
caterhamf1.co.uk
Proses restorasi CT05

Kevin awalnya tak mengetahui, jika mobil yang dibelinya adalah bekas tunggangan Marcus. Kevin mengetahuinya setelah melakukan beberapa riset di internet dan diketahui mobil ini bernama CT05.

Setelah memboyongnya ke rumah, pada 2015 lalu Kevin langsung merestorasi agar bisa digunakan kembali. Awalnya sasis ini hanya bertuliskan chassis unknown, setelah tadi dia melakukan risetnya dan bertanya-tanya akhirnya diketahui seri sasis ini adalah #1.

Proses restorasi pada bagian bodi CT05
Caterhamf1.co.uk
Proses restorasi pada bagian bodi CT05

Perbaikannya dimulai Kevin dari sektor kaki-kaki yaitu suspensinya dengan kondisi sangat parah. Setelah selesai pada sektor itu berlanjut perbaiki bodinya yang juga ikut rusak parah, terlihat dari foto banyak dilakukan pendempulan pada bodi. 

(BACA JUGA: Yuk Hitung Estimasi Biaya Restorasi Mobil Bekas)

Mesin tersentuh restorasi paling akhir, karena banyak part yang harus dibelinya agar kembali sempurna seperti saat digunakan dalam ajang balap 2014 silam.

Awalnya Kevin memulai dengan bagian suspensi dan perbaikan body, baru kemudian memulai perbaikan mesin. Akhir 2017, Desember, terlihat ada perkembangan baik dari kondisi mobil balap ini, kondisi CT05#1 sudah terlihat seperti aslinya dengan livery stiker warna hijau.

Lalu, 20 Januari 2018 kemarin CT05#1 sudah pada tahap finishing sekitar 1 persen lagi mobil balap ini bisa dijajal di jalanan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X