Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Minum Apa Aja Boleh, All New Terios Nggak Punya Pantangan

Irsyaad Wijaya - Selasa, 16 Januari 2018 | 11:50 WIB
Daihatsu Terios baru sanggup minum BBM berkadar rendah
Rianto Prasetyo
Daihatsu Terios baru sanggup minum BBM berkadar rendah

Otomania.com - Rata-rata mobil baru oleh pabrikan direkomendasikan meminum bensin dengan Research Octane Number (RON) 92. Namun, ini tak berlaku untuk Daihatsu All New Terios. Low SUV ini diklaim sanggup mengonsumsi BBM dengan oktan terendah sekalipun.

Hal itu ditegaskan Eiji Fujibayashi, Chief Engineer Daihatsu Motor Co. atau salah satu arsitek All-New Terios yang mengatakan bahwa mobil ini siap meminum bahan bakar sekelas Premium dari Pertamina.

Namun, Fujibayashi menambahkan bahwa mengonsumsi BBM RON rendah (88 dan 90), akan berdampak sedikit terhadap performa yang tak bisa optimal jika dibandingkan sekelas Pertamax atau diatasnya lagi.

(BACA JUGA: Simak! Ini Alasan Daihatsu Turunkan Tenaga Mesin All New Terios)

“Menggunakan bensin dengan RON rendah seperti Premium atau Pertalite tidak masalah, dan masih bisa digunakan secara normal, tapi kalau mau mendapat performa tenaga atau gas buang yang lebih bersih, kami sarankan memakai yang lebih tinggi oktannya (92 atau 98),” ucap Fujibayashi, pada Jumat (12/1/2017).

Fujibayashi menjamin para konsumen tak perlu khawatir atau was-was dengan memakai Premium akan berpengaruh pada komponen mesin yang tak awet atau cepat rusak. Sebab, mesin ini sudah dites dan didesain sedemikian rupa oleh beberapa arsitek Daihatsu agar kebal terhadap BBM standar minim.

(BACA JUGA: Berniat Test Drive All New Terios di Diler, Ini yang Harus Dilakukan)

“Soal garansi mesin sudah dijamin. Namun intinya, memang tak ada masalah menggunakan bensin RON rendah. Hanya kualitas emisi saja yang berbeda, di mana yang RON-nya lebih tinggi kandungan NOx-nya atau kandungan racunnya lebih bersih," tutur Fujibayashi.

Sedikit informasi All new Terios, Daihatsu mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya sangat irit jika dibandingkan pendahulunya, lebih rendah sekitar 10-20 persen. Mobil ini menggunakan mesin kode 2NR-VE 1.500 cc.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa