Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tombol Warna-warni pada Setang Motor MotoGP, Apa Fungsinya?

Fedrick Wahyu - Selasa, 16 Januari 2018 | 09:20 WIB
Tombol strategi pada motor MotoGP tim Octo Pramac Racing Ducati
Youtube
Tombol strategi pada motor MotoGP tim Octo Pramac Racing Ducati

Otomania.com - Mungkin banyak yang bertanya-tanya ada apa saja sih di setang motor MotoGP. Ternyata di sana, banyak pernik yang jauh berbeda dengan setang motor pada umumnya. Terdapat banyak tombol warna-warni yang merupakan tombol "strategi".

Di salah satu motor Ducati MotoGP misalnya, ada lima tombol dengan lima warna yang berbeda. Scott Redding yang merupakan pebalap Octo Pramac Racing Ducati menjelaskan apa saja fungsi tombol-tombol itu.

(BACA JUGA: Satu Lagi, Murid Valentino Rossi yang Bakal Naik ke Kelas MotoGP)

Pertama dia menjelaskan tombol yang berwarna merah, tombol itu berfungsi untuk mengatur mapping power. Di motor tim Pramac Ducati ada tiga mapping, mulai dari paling tinggi A, lalu B dan C untuk terendah.

Setiap tombol merah itu, ditekan maka mapping akan turun sampai ke C lalu jika ditekan kembali akan ke A lagi.

Kemudian tombol warna biru adalah launch mode yang digunakan ketika pembalap melakukan start. Jadi saat start, posisi gear netral dan pebalap MotoGP tidak perlu menginjak tuas gigi untuk mengganti gigi, cukup dengan menekan tombol biru ini.

(BACA JUGA: Honda Bermesin V5, Pernah Antar 2 Pebalap MotoGP Juara Dunia)

Tombol kuning berfungsi untuk mengatur mapping konsumsi bahan bakar. Ada 3 mapping juga di tombol ini dari A ke C, dan C adalah yang paling hemat bahan bakar.

Lalu tombol hijau untuk mapping engine brake. Scott Redding mengatakan tombol ini paling sering digunakan ketika memasuki tikungan. Fungsi tombol ini adalah untuk memperlambat putaran ban belakang.

(BACA JUGA: MotoGP Qatar 2018 Berubah Jadwal, Sudah Tahu Belum?)

Scott juga menambahkan, ketika sudah memasuki lap-lap akhir, maka penggunaan ban akan semakin banyak. Pebalap biasanya mulai mengatur mapping engine brake ini dari A ke B atau C.

Selain itu ada tombol warna abu-abu yang berfungsi membatasi kecepatan motor. Tombol ini digunakan saat memasuki dan keluar di pit lane karena adanya pembatasan kecepatan di sana. Saat tombol ini ditekan, ada lampu hijau yang berkedip di panel instrumen motor MotoGP.

Penasaran? ini penjelasan lengkapnya dari Scoot Redding:

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa