Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penutup Rantai Motor Bisa Cegah Kecelakaan?

Fedrick Wahyu - Senin, 1 Januari 2018 | 17:00 WIB
Penutup rantai honda cbr150r k45a
Thio Pahlevi
Penutup rantai honda cbr150r k45a

Otomania.com - Motor bebek pada umumnya diberi sebuah komponen penutup rantai motor. Fungsinya melindungi rantai dari kotoran yang bisa menghambat putaran rantai dan roda. Tapi, ada fungsi lain di balik penampilannya.

"Penutup rantai ini fungsinya untuk melindungi rantai dari debu, air, dan kotoran yang dapat menggangu kinerja rantai dan roda," kata Hendry Nova, Mekanik Astra Motor Jakarta Center di Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Tapi, lanjutnya, selain melindungi rantai dari kotoran, pelindung rantai juga penunjang keselamatan. Komponen ini mampu mencegah kecelakaan seperti masuknya pakaian orang yang dibonceng ke rantai motor.

(BACA JUGA: Salah Kaprah Ritual Merawat Aki)

Selain pakaian, saat musim hujan juga melindungi mantel hujan pengendara agar tidak masuk dan tersangkut rantai.

"Iya, bisa juga berfungsi sebagai pengaman buat pengendara. Misalnya, mencegah kain atau celana pengendara masuk ke rantai atau mata gear,” kata Hendry.

Tapi, tentu saja ini akan menjadi pro dan kontra, karena menggunakan mantel hujan model ponco pun tak dianjurkan oleh pakar keselamatan. Begitu juga dengan baju gamis yang menjuntai.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa