Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buat Harian Sebaiknya Pakai Ban Kompon Soft, Medium, atau Hard?

Fedrick Wahyu - Senin, 19 Juni 2023 | 15:08 WIB
Ilustrasi ban motor baru.
Dok MOTOR Plus
Ilustrasi ban motor baru.

Otomania.com - Sudah umum diketahui, ban dibuat dari bahan karet dengan tingkat kekerasan berbeda-beda. Jamak disebut dengan kompon, dan ada tiga jenis yaitu soft, medium, serta hard.

Jenis soft compound berbahan karet lebih lembut dari jenis medium maupun hard. Bahan yang lembut ini membuat daya cengkeram ban sangat baik. Meski daya cengkeram nya sangat baik, tapi ada nilai minusnya.

"Compound Soft itu material bannya lebih lembut, jadi daya cengkramnya ke jalan lebih baik. Tapi, masa pakainya cenderung lebih cepat," kata Andreas Aldrin, owner Rumah Ban Motor di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan (20/12/2017).

BACA JUGA: Begini Dampaknya Kalau Ukuran Ban Depan dan Belakang Sama, Bahaya Gak Sih?

Kemudian compound medium, jenis ini banyak digunakan di motor harian. Sebab daya cengkeramnya masih cukup baik dan masa pakainya cukup lama.

Compound medium itu biasanya yang dipakai untuk motor harian. Karena gripnya cukup untuk digunakan dengan kondisi harian dan masa pakainya juga cukup lama," kata Aldrin.

Ilustrasi kode ban jenis kompon yang digunakan
Thio Pahlevi
Ilustrasi kode ban jenis kompon yang digunakan

Lalu jenis kompon hard yang memiliki masa pakainya paling lama dan membuat ban tidak cepat aus. Namun, jenis ini punya kelemahan dalam menjaga suhu panas ban yang membantu daya cengkeraman ban di jalan.

Misal, ban jenis ini dipakai saat jalanan kering dan panas kemudian melewati daerah yang habis turun hujan. Penurunan suhu yang drastis ini membuat ban kehilangan daya cengkeram.

"Kalau yang hard itu memang lebih tahan lama masa pakainya, tapi ketika terjadi penurunan suhu pada ban, daya cengkramnya akan berkurang drastis," tambah Aldrin.

BACA JUGA: Kok Bisa Ban Depan Motor Matic Habis Sebelah, Ternyata Komponen Ini Penyebabnya

Posted : Senin, 19 Juni 2023 | 15:08 WIB| Last updated : Senin, 19 Juni 2023 | 15:08 WIB

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa