Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motif Penjarahan dan Tugas 3 Tersangka Wanita di Geng Jepang

Irsyaad Wijaya - Rabu, 27 Desember 2017 | 14:22 WIB
3 wanita anggota geng Jepang yang ditetapkan tersangka
tribunnews.com
3 wanita anggota geng Jepang yang ditetapkan tersangka

Otomania.com - Di Depok, Jawa Barat, Minggu dini hari (24/12/2017), terjadi penjarahan yang melibatkan gangster bermotor. Aksi yang tepatnya terjadi di Jl Cakelele 3, Depok 2 Tengah, Depok, Jawa Barat, pukul 04.42 WIB ini terekam CCTV.

Sehari setelah kejadian tersebut, pihak kepolisian langsung meringkus kawanan itu, tepatnya pada Senin, (25/12/2017). Setelah diselidiki geng tersebut bernama " Geng Jepang".

"Geng Jepang merupakan singkatan dari Jembatan Mampang. Sesuai dengan namanya, mereka memiliki markas di Jembatan Mampang, Pancoranmas, Depok," jelas Kompol Putu Kholis Aryana. Kasat Reskrim Polresta Depok.

Dari 26 anggota geng motor Jepang yang dibekuk aparat, tujuh orang di antaranya sudah ditetapkan menjadi tersangka. Sementara 19 orang lainnya sudah dipulangkan ke keluarganya.

(BACA JUGA: Liburan Natal, Pertamina Catat Kenaikan Konsumsi BBM Jenis Ini)

Motif utama penjarahan tersebut yaitu untuk bingkisan tahun baru para anggotanya. Bukan hanya sekali ini saja ternyata, geng motor Jepang juga pernah menjarah ​warung makan, dan suka membuat onar di daerah Depok.

Tiga cewek anggota Geng Jepang
Wartakota
Tiga cewek anggota Geng Jepang
Ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono. "Tidak hanya jarah pakaian saja, tetapi juga menjarah tukang gorengan, nasi di pinggir jalan juga ada. Dia untuk makan. Ada juga warung-warung diserbu di situ," ujarnya seperti dikutip Tribunnews.

Dari tujuh orang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus ini, tiga di antaranya perempuan yang turut menjarah di toko Fernando Stores tersebut. Ketiga cewek itu bernama Yufita, Afna, dan Bela.

Kompol Putu Kholis Aryana menuturkan ke tiga wanita tersebut memiliki tugas spesial. Saat konvoi mereka memang ikut, tetapi saat tawuran mereka tak dilibatkan.

(BACA JUGA: Kendaraan Khusus Anjing Pelacak BNN, Harus Ber-AC)

"Tugas mereka bertugas merekrut anak muda yang ingin menjadi anggota geng," kata kompol Putu Kholis.

Kompol Putu menuturkan, Rata-rata ketiga cewek anggota Geng Jepang ini berusia 17 tahun, termasuk dalam golongan masih belia. Salah satunya, bernama Yufita yang diketahui sudah memiliki anak berusia satu tahun.

Karenanya, pihaknya akan akan memperlakukan mereka secara khusus sebagai tersangka anak, seperti diatur dalam Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak. "Sedangkan yang dewasa diperlakukan sesuai dengan KUHAP," sambung Putu.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa