Cat Mobil Warna Putih Mulai Menguning, Ini Sebab dan Menanganinya

Irsyaad Wijaya - Selasa, 26 Desember 2017 | 19:15 WIB
Ilustrasi mobil berwarna putih memudar
autobild
Ilustrasi mobil berwarna putih memudar

Otomania.com - Cat yang masih terawat dengan warna yang tidak pudar, bukan hanya akan enak dilihat, namun nilai jualnya juga akan bersahabat. Jadi jangan remehkan kondisi cat kendaraan khususnya roda empat yang berwarna putih.

Sebagai warna netral, kotoran lebih mudah terlihat dibandingkan kelir lainnya. Selain itu mobil berwarna putih lebih sensitif dalam perawatan dan bisa menguning setelah dipakai dalam jangka waktu lama.

Menguningya warna pada mobil putih biasanya terjadi akibat kebiasaan mencuci mobil yang dilakukan di bawah matahari langsung, atau saat kondisi bodi mobil masih panas.

"Warna putih merupakan warna yang sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga butuh perhatian ekstra agar lapisan clear coat atau pernis tidak mudah teroksidasi dan berjamur", ujar Joey Tumanduk dari Fusion Motocare, gerai detailing yang berlokasi di Jl. Nusantara No. 132 Beji, Depok, Jawa Barat seperti dikutip dari Autobild.

(BACA JUGA: Masih Pentingkah Cek Kendaraan Lagi Pasca Liburan ke Luar Kota?)

Joey menjelaskan, mencuci mobil saat kondisi bodi masih panas, membuat genangan air lebih cepat mengering. Akibatnya timbul water spot pada bodi mobil yang merusak estetika tampilannya.

Karena cat mobil warna putih, water spot berada di bagian pernis, akan terlihat jadi warna kekuningan. Lantas bagaimana menghilangkan noda kekuningan di mobil berwarna putih?

“Baiknya dilakukan poles di gerai detailing. Jika ingin lakukan sendiri di rumah, gunakan pasta yang tidak terlalu kuat, agar lapisan pernis tidak tergerus terlalu dalam,” tutur Joey.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Autobild Indonesia

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa