Belum Banyak yang Tahu Fungsi Mobil Canggih BNPB Ini

Fedrick Wahyu - Minggu, 24 Desember 2017 | 17:10 WIB
Mobil komunikasi satelit milik BNPB
medan.tribunnews.com
Mobil komunikasi satelit milik BNPB

Otomania.com - Saat terjadi bencana alam di daerah, terkadang jaringan komunikasi terganggu. Hal itu pasti menyulitkan dalam proses penyelamatan dan evakuasi. Tapi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah memiliki mobil khusus komunikasi satelit.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan mobil itu berfungsi sebagai alat bantu tanggap darurat. "Kita memiliki namanya mobil komunikasi satelit. Jadi mobil itu digunakan untuk yang sifatnya emergency," kata Sutopo di Jakarta, Minggu (24/12/2017).

(BACA JUGA: Jalur Menuju Puncak Tutup 12 Jam pada 31 Desember 2017)

"Beberapa pengalaman ketika terjadi bencana biasanya telepon sering mati apalagi radio telekomunikasi masih terbatas, sehingga kami memiliki sendiri mobil komunikasi satelit," tambah Sutopo.

Dia juga mengatakan kalau mobil itu biasanya ditempatkan di posko bencana. Tetapi bisa juga mobil itu masuk sampai ke titik terdekat dari pusat bencana.

"Jadi kami bisa melaporkan visual video bahkan mobil Internet atau WiFi yang bisa digunakan untuk di pos komando. Sehingga kami langsung bisa video conference dengan lokasi kejadian bencana baik antar BPBD," jelas Sutopo.

Menurut Sutopo mobil komunikasi itu sudah dimiliki semua BPBD di daerah. Total ada 32 unit mobil yang tersebar di setiap provinsi. Mobil itu berkapasitas penumpang tiga orang yaitu seorang driver, navigator, dan operator.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa