Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Klasik "Tunggangan Setan" dari Republik Ceko

Irsyaad Wijaya - Minggu, 24 Desember 2017 | 13:31 WIB
Motor Satan Asal pabrikan Rep.Ceko
commons.wikimedia.org
Motor Satan Asal pabrikan Rep.Ceko

Otomania.com - Banyak pabrikan motor di dunia yang memberi nama produknya dengan nama yang aneh dan unik. Salah satunya adalah motor satu ini yang bernama "Satan". Namanya memang demikian, Satan alias setan.

Motor ini dibuat oleh pabrikan Sikyr-Rott di Praha, Republik Ceko, pada 1929-1930 dengan nama Satan 540. "Motor setan" ini dibekali mesin satu silinder 540 cc berjenis 4-tak.

Perhatikan mesinnya asli motor satan!
enoanderson.com
Perhatikan mesinnya asli motor satan!

Konstruksi mesinnya unik, menggunakan sidevalve alias posisi klep ada di samping piston. Lalu posisi noken as bukan berada di atas, tapi letaknya di samping setang piston.

Konfigurasi sidevalve memang masih sangat sederhana, power maksimal Satan 540 sangat kecil hanya 10 tk @3.000 rpm. Selain itu Satan 540 hanya menggunakan transmisi tiga percepatan.

(BACA JUGA: Inspiratif, Janda Cantik Ini Enggak Malu Kerja Jadi Sopir Truk!)

Ilustrasi mesin sidevalve
wikimedia commons
Ilustrasi mesin sidevalve

Namun pada masa jayanya, orang-orang Ceko menganggap setan ini sebagai motor yang tangguh. Sebab Satan 540 memang didesain menjadi motor yang bisa dipakai di jalanan Ceko yang rusak parah pada saat itu.

Sayangnya, Satan 540 hanya beredar satu tahun saja karena pabrikan yang memproduksinya bangkrut. Makanya "Si Setan" ini sekarang menjadi barang buruan para kolektor karena unitnya sedikit.

Motor Satan 540 utuh yang dipajang di Praha
hiveminer.com
Motor Satan 540 utuh yang dipajang di Praha

Tapi untuk yang penasaran melihat langsung penampakan setan ini, masih bisa langsung dilihat di National Technical Museum yang terletak di Praha, Rep. Ceko.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa