Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Colt Diesel Transformer Habis Ratusan Juta, Malah Buat Angkut Semen

Donny Apriliananda - Kamis, 21 Desember 2017 | 15:25 WIB
Cold Diesel Banyumas
Stanly/KompasOtomotif
Cold Diesel Banyumas

Otomania.com - Siapa bilang modifikasi hanya untuk mobil penumpang? Marak belakangan ini truk yang notabene sebagai kendaraan pekerja juga di-"make over" lebih atraktif. Colt Diesel bergaya transformer ini salah satunya.

Si Kepala Kuning garapan Nirwana Custom Truk, Banyumas, Jawa Tengah, ini sudah memakan dana modifikasi hingga ratusan juta rupiah, demi tampil menarik. Meski begitu, kendaraan ini tetap berfungsi sebagai pengangkut.

"Total pengerjaan hampir satu tahun. Untuk konsep kita tidak ada yang pasti-pasti, hanya ingin tampil atraktif sebisa mungkin. Ekterior full custom habis sekitar Rp 115 juta," ucap Riyan Dwi Cahyo dari Nirwana Banyumas.

Baca Juga: Truk Gandengan 1 Biasa, 3 Baru Luar Biasa

Body kit dibuat sendiri secara kustom. Mulai dari gril dan bumper depan, air scoop di bagian atas, side skirt yang membuat tampilan samping lebih rendah. Untuk bumper depan dibuat ulang dengan desain ala Transformer. 

Modifikasi Colt Diesel
Stanly/Otomania
Modifikasi Colt Diesel

Tampilannya diperkuat dengan permainan lampu LED keluaran Autovision serta air scoop di kedua sisinya. Penyematan sistem hidrolik ikut diberikan untuk membuka tutup gril, lengkap dengan emblem VVT-i yang membuat Colt Diesel ini terlihat sedikit nyeleneh.

Pada buritan, dibuatkan body kit seperti frame untuk menempatkan stop lamp dan lampu sein. Agar makin menarik, ekterior dibalut dengan permainan dua warna, yakni merah dan emas.

Truk ini pun sukses menyabet juara satu kategori bodi dan cat dalam Kontes Akbar Modifikasi Truk (KAMT) 2016 lalu.

Interior Colt Diesel Banyumas
Stanly/KompasOtomotif
Interior Colt Diesel Banyumas

Interior juga tak luput dipermak, konsepnya VIP. Mulai dari dasbor sampai jok dibalut ulang dengan kulit sintetis ungu. Sistem audio juga mendapat sentuhan, lengkap dengan cup holder yang dibuat dari bahan akrilik layaknya modifikasi pada mobil elegan.

Baca Juga: Cari Tahu Fungsi

Menariknya, meski sudah dimodifikasi sedemikian rupa ternyata truk ini juga masih digunakan sebagai kendaraan operasional, bukan barang display yang cuma teronggok di ruang pamer.

"Truk ini kami gunakan sebagai armada pengangkut semen. Memang tidak tiap hari, tapi dalam satu minggu pasti tetap narik kok," kata Riyan.

Modifikasi Colt Diesel Banyumas
Stanly/KompasOtomotif
Modifikasi Colt Diesel Banyumas

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa