Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cukup Sejam, Honda Mampu Jual 500 Motor di Indonesia

Donny Apriliananda - Selasa, 19 Desember 2017 | 12:44 WIB
Honda BeAT dengan pengabut bahan bakar karburator masih diminati
AHM
Honda BeAT dengan pengabut bahan bakar karburator masih diminati

Otomania.com – Hegemoni Honda di pasr sepeda motor nasional masih sangat besar. Merek logo sayap mengepak ini tetap menjadi pemimpin penjualan motor nasional dengan pangsa pasar sampai 75 persen!

Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyebut, Honda menguasai pasar 75,02 persen atau 4.103.939 unit (Januari-November).

Jika dibagi jumlah hari Januari sampai November (334 hari) dan jumlah jam, Honda menjual sekitar 512 unit sepeda motor untuk tiap jamnya!

Baca Juga: Antre Panjang Honda CRF150L di Jawa Timur

Angka tersebut cukup absolut dan hanya menyisakan potongan kue kecil, untuk diperebutkan empat merek lain, seperti Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan TVS.

Di bawahnya, Yamaha menempati posisi kedua dengan jatah 22,36 persen atau 1.222.953 unit. Sebagai market challenger di pasar otomotif roda dua dalam negeri, angka yang diperoleh Yamaha merupakan buah dari hasil perjuangan keras.

Pangsa pasar sepeda motor Januari-November 2017 (diolah dari data AISI).
Ghulam/KompasOtomotif
Pangsa pasar sepeda motor Januari-November 2017 (diolah dari data AISI).
Merek berlambang garpu tala tersebut beberapa kali menghadirkan model inovatif yang tak bersinggungan langsung dengan Honda, untuk menarik perhatian pasar. Ini yang membuat Yamaha mengklaim dirinya sebagai “trend setter”.

Posisi ketiga diisi Kawasaki yang meraih pangsa pasar 1,34 persen dengan distribusi 73.184 unit. Menempel ketat di belakangnya Suzuki dengan market share sepanjang sebelas bulan 1,26 persen (68.893 unit), dan terakhir TVS 0,02 persen (1.138 unit).

Dinamika penjualan sepeda motor di Indonesia masih fluktuatif, dan cenderung mengalami penurunan 0,43 persen sepanjang Januari-November 2017. Tapi, setidaknya masih ada satu bulan lagi di Desember untuk mengejar ketertinggalan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa