Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buat yang Motornya Masih Pakai Rantai, Simak Hal Penting Ini

Fedrick Wahyu - Selasa, 12 Desember 2017 | 15:32 WIB
Rantai berkarat
Rantai berkarat

Otomania.com - Fungsi rantai pada sepeda motor begitu vital. Komponen ini bekerja memutar roda belakang melalui perputaran sproket pada saat yang sama. Terbayang jika ada yang tak beres, kendaraan bisa jadi ngadat.

Kerap muncul gangguan pada rantai dan gir. Misalnya, rantai terlepas bahkan putus, atau cepat mengalami keausan lantaran pemilihan kedua komponen tersebut tidak tepat.

Perlu diketahui, rantai juga harus bisa mencengkram gir dengan baik, meskipun roda belakang bergerak naik turun secara cepat akibat kerja suspensi.

(BACA JUGA: Waspada Akibat Sering Parkir di Bidang Miring)

Makanya, rantai harus memiliki karakteristik tahan terhadap gaya tarik dan kelenturan yang baik. Kelenturan rantai tersebut disebabkan oleh bergeraknya tiap-tiap sambungan (pitch) rantai.

Efek Rantai dan Gir Aus
Untuk kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara, sebaiknya selalu periksa kondisi rantai dan gir motor kesayangan. Perhatikan permukaan rantai dan girnya.

Selalu periksakan kondisi rantai motor secara berkala
Istimewa
Selalu periksakan kondisi rantai motor secara berkala

Rantai yang aus, daya cengkram terhadap girnya dipastikan jadi kurang maksimal. Ini bisa bikin putaran roda tidak bekerja dengan baik, dan motor terasa kurang bertenaga.

Begitu pula bila permukaan gir sudah aus. Untuk mengetahuinya, coba perhatikan jarak antara setiap mata gir. Bila sudah meruncing, tandanya sudah waktunya ganti gir.

(BACA JUGA: Honda CB150R ExMotion Thailand, Mesin dari Indonesia)

Jika tidak, mengakibatkan gesekan yang tidak rata dengan rantai penggerak. Dampaknya akan menimbulkan suara yang berisik pada saat rantai sedang berputar.

Perawatan
Meskipun rantai dan gir masih baru, bukan berarti tak perlu perawatan. Apalagi musim penghujan begini. Sebaiknya, rajin lumasi rantai untuk mengurangi gesekan, serta mendinginkan rantai saat digunakan.

Perawatan rantai motor bisa dilakukan di rumah
Darma Setra
Perawatan rantai motor bisa dilakukan di rumah

Cara melumasi rantai ada dua cara. Pertama, pakai pelumas dengan tingkat kekentalan tinggi dan harus baru. Kedua, semprotkan dengan pelumas khusus.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa