Masalah Rem Blong dan Cara Mengantisipasinya

Irsyaad Wijaya - Jumat, 8 Desember 2017 | 17:10 WIB
ilustarasi kondisi rem
halfords.com
ilustarasi kondisi rem

Otomania.com - Berbagai kasus kecelakaan mobil sering terjadi karena salah satunya disebabkan oleh rem tak berfungsi alias "blong". Banyak yang tak menyadari bahaya dari kasus ini, dan menganggap peranti rem tak perlu perawatan khusus.

Lalu apa yang menyebabkan rem mobil blong? "Biasanya disebabkan karena friction material atau pad overheat, sehingga koefisien friction menurun," ucap Hening Laksmana, Presiden Direktur MK Prima Indonesia yang memproduksi brake pad di Gresik, Jawa Timur.

(BACA JUGA: Cara Halus Lewati Polisi Tidur)

Hening menambahkan, rem blong juga disebabkan oleh hydraulic fluid overheat. Diakibatkan oleh panas dari friction material yang ditransfer ke fluid. Adapun faktor penyebab brake pad atau friction material overheat itu macam-macam.

"Bisa jadi karena slider macet, piston macet, tekanan hidraulis tidak turun kembali, dan sliding area pad macet, merupakan sebagian sumber penyebabnya," jelas Hening.

(BACA JUGA: Tangerang dan Semarang, Kota Paling)

Celakanya, sering kali masalah tersebut muncul hanya gara-gara pemilik mobil malas membersihkan atau merawat rem saja. Waktu kontrol berkala rem biasanya 10.000 km sekali, karena perhitungan menggunakan hitungan bulan tidaklah akurat.

So, coba selalu cek kondisi rem demi meminimalisasi kejadian rem blong.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X