Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nayalan Lampu Sein Mendadak Sebelum Belok, Ini Akibatnya

Irsyaad Wijaya - Senin, 4 Desember 2017 | 11:30 WIB
ilustrasi lampu sein menyala
rockingmama.id
ilustrasi lampu sein menyala

Otomania.com - Salah satu kebiasaan berlalu lintas yang buruk di Indonesia adalah berbelok mendadak, atau baru menghidupkan lampu sein beberapa detik sebelum menikung. Bahaya!

Seperti pengendara motor asal Medan ini, yang melalukan hal tersbeut dan membuatnya ditabrak oleh pengendara lain. Beruntungnya yang menabrak masih sesama pengguna motor.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan bahwa berbelok secara tiba-tiba memang tidak boleh dilakukan. Dia lantas memberi arahan tentang tata cara berbelok yang benar dan tepat agar sesuai aturan berlalu lintas.

(BACA JUGA: Walikota Risma Sampai Turun Mengatur Lalu Lintas)

Sebelum berbelok, pengendara wajib menyalakan sein minimal 30 meter sebelum point belok. Jalur yang dilintasi juga disesuaikan. Jika ingin berbelok kanan, maka langsung mengambil jalur kanan. Begitu pun sebaliknya.

"Jadi 30 meter sebelum turning point sudah memberikan sein sebagai tanda kepada pengguna jalan lain," kata Jusri.

Selanjutnya, hal lain yang tak kalah penting adalah mengecek kedua spion. Tujuannya untuk memastikan situasi berbelok aman.

(BACA JUGA: Mobil Langka Melintas di Solo, Coba Tebak Merek dan Jenisnya!)

Selain itu, khusus pengendara motor juga diharuskan sedikit menoleh ke belakang. Sebab pengendara motor cenderung tidak bisa melihat sesuatu yang berjarak satu meter di belakangnya.

"Jadi harus menoleh lagi untuk memastikan kondisi. Ketika semua sudah dirasa aman, baru berbelok. Kalau tidak aman, jangan belok. Logikanya seperti itu," ucap Jusri.

simak videonya berikut ini yang dikutip dari instagram.

 

A post shared by edo rusyanto (@edorusia) on

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa