Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siapa Bilang Aki Kering Bebas Perawatan?

Donny Apriliananda - Jumat, 24 November 2017 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomania.com - Salah kaprah terhadap anggapan aki kering tidak butuh perawatan masih sering terjadi. Meski punya status maintenance free (MF) atau bebas perawatan, tapi bukan serta merta tinggal pakai tanpa mengecek kondisinya.

Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia Griselda Iwandi, menjelaskan meski statusnya aki kering, namun tetap wajib ada perawatan yang dilakukan pemilik kendaraan. 

"Paling tidak menjaga kebersihan aki, terutama dari faktor-faktor yang bisa membuat korosi. Pengecekan kekencangan aki juga wajib diperhatikan secara teratur, hal ini bisa dilakukan ketika sedang melakukan servis berkala," ucap Griselda kepada Otomania.com, beberapa waktu lalu.

Baca: Hubungan Antara Panaskan Mobil dan Usia Aki

Menjaga kebersihan aki bisa mencegah adanya kotoran masuk ke dalam komponen yang dapat menggangu fungsinya. Terminal aki juga wajib bersih agar dapat memberikan aliran yang sempurna.

No caption
No credit
No caption

"Bebas perawatan bukan berarti bebas perhatian. Maksudnya bebas perawatan di aki MF lebih seperti penambahan cairan layaknya aki konvensional," kata Griselda.

Perlu diketahui aki MF tidak perlu membutuhkan perawatan karena laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah.

Pelat positif dan negatifnya menggunakan kandungan PbCa dan PbCa, beda dengan aki konvensional yang memakai cairan asam sulfat atau accu zuur atau H2SO4 dan butuh perawatan seperti penambahan air.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa