Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gaji Rp 5 Juta Sudah Bisa Beli Mobil Baru

Donny Apriliananda - Selasa, 7 November 2017 | 14:15 WIB
Honda Brio Satya, Primadona jualannya Honda Indonesia sepanjang September
HPM
Honda Brio Satya, Primadona jualannya Honda Indonesia sepanjang September

Otomania.com - Beli mobil baru bisa jadi salah satu impian seseorang yang punya penghasilan tetap. Meski statusnya adalah kebutuhan sekunder, namun alasan kebutuhan dan gengsi membuat banyak orang nekat ambil keputusan, bahkan ketika gajinya dirasa ”ngepas” sekali pun.

Tapi pada dasarnya beli mobil bisa dilakukan dengan gaji standar, asal tahu celahnya. Ini bukan artikel pengatur keuangan, tetapi Otomania.com berusaha memberi gambaran, bahwa saat ini banyak fasilitas dan cara membeli mobil meski sepertinya mustahil.

Lembaga pembiayaan misalnya, sudah banyak yang menawarkan kemudahan kredit. Mulai dari tenor lama, antara 6-8 tahun, atau menyicil dengan sebutan baloon payment, membayar dengan jumlah kecil per bulan sampai jangka waktu tertentu, lalu sisanya bisa dilunasi atau dicicil lagi.

Baca: Kreditan Xpander Rp 2 Jutaan, Tenor 1 Dekade

Tentu, ini semua dilakukan dengan tidak mempertimbangkan untung-rugi di kemudian hari. Menyicil dengan jangka waktu lama sudah pasti semakin banyak bunga yang didapat bank atau lembaga pembiayaan. Belum lagi harga mobil pasti turun, bahkan sejak pertama kali menginjak aspal.

Dukungan program dari lembaga pembiayaan kembali disokong dengan produk-produk mobil murah meriah. Marak LCGC, mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar yang mendapat subsidi dari pemerintah. Harganya berkisar antara Rp 90 jutaan sampai Rp 150 jutaan.

Simulasi
Dari sini, secara teori, membeli mobil baru seharusnya bisa dilakukan. Jangan berandai-andai, sekarang mari kita hitung bersama-sama. Taruhlah kondisi keuangan dengan gaji Rp 5 juta sudah dipotong beberapa persen untuk kebutuhan hidup, biaya sekolah anak, dan tabungan.

Minimal, sisakan 30 persen untuk cicilan (Rp 1,5 jutaan). Kalau bisa lebih, alangkah baiknya. Karena tak cuma angsuran bulanan yang harus dihitung, masih ada biaya perawatan dan pajak tahunan yang perlu ada alokasi dana tambahan.

Baca: Hyundai Tawarkan Cicilan Rp 2 jutaan

Mobil baru apa dengan cicilan maksial Rp 1,5 jutaan? Coba lirik LCGC, atau mobil lain yang punya harga murah. Entah itu Toyota Agya-Daihatsu Ayla, Datsun Go+ Panca, Suzuki Karimun Wagon R, Honda Brio Satya, Calya-Sigra, atau Renault Kwid untuk jajaran mobil non-LCGC.

Kini siapkan uang muka (down payment/ DP). Tak ada jalan lain, menabunglah! Kumpulkan jatah cicilan Anda yang 30 persen itu selama beberapa bulan untuk mendapatkan angka semaksimal mungkin. Taruhlah 10 bulan, didapat hasil maksimal Rp 15 juta.

Jika harga mobil Rp 120 jutaan, dan uang muka muka 20 persen, angka yang diperoleh adalah Rp 24 jutaan. Lesaing biasanya memberi promo cashback yang bisa dipakai untuk potongan DP, sehingga total uang muka bisa ditekan sampai sekitar Rp 10 juta hingga Rp 15 jutaan.

Berdasarkan hitung-hitungan dari simulasikredit.com, jika bunga diasumsikan sebesar 6 persen, dengan kemampuan menyicil Rp 1,5 juta sebulan selama 7 tahun, maka didapat harga mobil sekitar Rp 110 jutaan.

Sedikit effort lebih kalau mengincar mobil di atas harga tersebut, misalnya Rp 140 jutaan. Pilihan bisa dua, menaikkan jumlah DP, atau menambah jangka waktu pinjaman. Jika dirasa sangat lama, masih ada opsi pembiayaan 5 atau 6 tahun. Tentu, jumlah cicilan yang harus dibayarkan lebih besar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa