Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kubur Dalam-dalam Euforia Mitsubishi Lancer Evo

Donny Apriliananda - Selasa, 31 Oktober 2017 | 16:41 WIB
Mitsubishi Lancer Evolution Final Edition
Leftlanenews
Mitsubishi Lancer Evolution Final Edition

Otomania.com - Mitsubishi dikenal punya mobil-mobil legenda yang dikenal tangguh. Sebut saja Pajero dengan cerita Rally Dakar serta Lancer Evolution yang sempat merajai arena kejuaraan dunia reli di tahun 90-an.

Khusus Lancer Evolution, sedan berperforma tinggi ini memiliki basis penggemar yang cukup banyak. Lalu, sang legenda erat dikaitkan dengan Mitsubishi dalam hal sedan bertenaga dibandingkan dengan Nissan GT-R, Toyota Supra, dan Subaru WRX STi di kala itu.

Tapi sejak 2016, model sedan ini dihentikan. Kondisi ini sempat membuat para penggemar Lancer Evo kecewa dan pastinya akan lebih kecewa saat mengetahui rencana ke depan Mitsubishi.

Merek asal Jepang itu akan berkonsentrasi pada model SUV yang memiliki sejarah kuat. Sedan tidak akan dilirik Mitsubishi di masa depan.

"Tidak ada rencana ke sana. Saat ini pasar sedan terus menurun. Jika ada yang menginginkan sedan, dimana pasarnya, tidak ada volume dan keuntungannya," ucap Trevor Mann, Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) beberapa waktu lalu.

Empat model mobil buatan Mitsubishi yang memegang sejarah penting pada 100 tahun kehadiran perusahaan tersebut di industri otomotif. Terdapat Model A, Mitsubishi Pajero, MItsubishi Lancer Evolution VI dan Outlander PHEV
KompasOtomotif
Empat model mobil buatan Mitsubishi yang memegang sejarah penting pada 100 tahun kehadiran perusahaan tersebut di industri otomotif. Terdapat Model A, Mitsubishi Pajero, MItsubishi Lancer Evolution VI dan Outlander PHEV

Keputusan ini diambil agar Mitsubishi dapat meningkatkan potensinya di masa depan. Meski demikian, Trevor mengakui nama Lancer Evolution jadi merek kuat di sedan sport.

Langkah ini juga diyakini Tsunehiro Kunimoto, Corporate Vice President Design Division. Ia berharap investasi di bidang sedan dapat dialihkan ke produk-produk yang sesuai pasar di masa depan karena peminat sedan sudah turun drastis.

"Sebenarnya hanya segelintir yang suka, tapi yang mampu membeli sedikit. Jualannya turun drastis, baru saat kita umumkan berhenti penjualannya sempat naik. Jika dibandingkan untuk biaya jualan Lancer Evo, bisa untuk jualan 10 kendaraan listrik," ucap Kunimoto.

Mitsubishi sudah merencanakan untuk menghadirkan 11 model baru hingga 2020 mendatang dengan Xpander dan Eclipse Cross termasuk di dalamnya. SUV akan jadi konsentrasi utama pengembangan pasar di masa depan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa