Ertiga Baru Bisa Selamatkan Suzuki dari Terkaman Mitsubishi

Donny Apriliananda - Kamis, 26 Oktober 2017 | 16:51 WIB
Ertiga current version
autodeal
Ertiga current version

Otomania.com - Suzuki di indonesia tengah tertekan oleh Mitsubishi yang baru meluncurkan Xpander, mengerus segmen yang sama (LMPV) dengan Ertiga.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, periode Januari-September 2017, penjualan total (semua model) Suzuki sudah berhasil dilampaui Mitsubishi.

Suzuki menjual 81.051 unit, sedangkan Mitsubishi berhasil menggeser naik ke peringkat empat penjualan merek terlaris di Indonesia, dengan 81.498 unit.

Menariknya lagi, kemampuan Mitsubishi menggeser Suzuki dari peringkat penjualan, terjadi setelah baru sebulan memasarkan Xpander.

Periode yang sama, Suzuki tercatat sudah menjual Ertiga, mencapai 26.633 unit. Pada bulan perdana (September) memang Xpander baru tercatat, 1.096 unit, tetapi mengingat ada 28.000 surat pemesanan kendaraan (SPK) yang masuk, otomatis Ertiga sudah langsung kalah.

Ertiga Penyelamatnya
Mau tak mau, Ertiga sebagai salah satu penyokong terbesar penjualan Suzuki harus berbenah. Tanpa ada ubahan baru buat Ertiga, Suzuki akan semakin terancam posisinya dalam persaingan di segmen LMPV.

Berbagai informasi terkait uji coba generasi terbaru Ertiga terus membahana dari India. Berbagai foto mobil berkamuflase, yang dipercaya generasi baru low multi purpose vehicle (LMPV) lagi dites tertangkap kamera.

Kemudian, bagaimana rencana buat di Indonesia? Dari informasi sebelumnya, Suzuki memang tersirat menyatakan mau meluncurkan Ertiga baru tahun depan.

“Memang saya dengar ada rencana itu (peluncuran generasi baru Ertiga). Cuma belum pasti,” kata Rhohei Uchiki, GM Strategic Planning Departement Suzuki Indomobil Motor (SIM), di Shinjuku, Tokyo, Jepang, Rabu (24/10/2017).

Informasi lain mengatakan, kalau Ertiga akan berbagi platform HEARTECT, yang juga digunakan pada generasi baru Swift dan Ignis. Dengan keputusan ini, logikanya cost produksi tiga model ini bisa lebih kompetitif, karena menggunakan komponen yang serupa.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X