Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jenis-jenis Ban SUV, Tipe Apa Paling Cocok untuk Anda?

Donny Apriliananda - Jumat, 20 Oktober 2017 | 17:18 WIB
Ban Untuk SUV
Ban Untuk SUV

Otomania.com - Bisa dibilang, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) punya kemampuan lebih, tepatnya serbabisa. Dengan segenap bekalnya, SUV diharapkan bisa melahap semua medan. Karenanya, bekal untuk ban pasti punya spesifikasi khusus.

Setidaknya ada tiga jenis ban yang biasa dipakai untuk SUV. Rata-rata dari pabrikan membekali ban yang "netral", bisa digunakan untuk semua medan, tapi dengan daya cengkeram moderate.

Dilansir Jip.com, berikut jenis-jenis ban untnuk SUV:

1. Ban A/T (All Terrain)
Ban ini bisa digunakan di semua jenis jalan, baik aspal atau gravel. Bisa diajak main off-road, tapi yang ringan-ringan saja.

2. Ban H/T (Highway Terrain)
Ban ini diperuntukan untuk jalanan aspal dengan kecepatan relatif tinggi. Tentu, tidak bisa digunakan di jalanan berlumpur atau trek off-road. Jika ban H/T digunakan di medan berlumpur, mobil bisa dengan mudah terjebak di kubangan lumpur.

Alasannya, desain alur rapat tapak ban H/T tidak mampu membuang lumpur dengan baik. Biasanya tipe ini yang dipasangkan produsen saat pertama kali keluar dari pabrik perakitan.

3. Ban M/T (Mud Terrain)
Tipe ban ini digunakan untuk melibas jalanan berlumpur atau bersalju. Tak heran jika di ban ini kerap ditemukan kode M + S (Mud + Snow).

Jika ban M/T digunakan pada medan aspal dan dikemudikan pada kecepatan tinggi, ban cepat aus karena komponnya lunak.

Kerugian kedua, timbulnya suara bising. Ini karena telapak ban M/T memiliki celah lebar sehingga memungkinkan angin menyusup diantara celah tapak.

Anda pakai tipe yang mana?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa