Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Honda yang Ini Nggak Bisa Jatuh

Donny Apriliananda - Kamis, 12 Oktober 2017 | 17:35 WIB
Honda Riding Assist-e Concept siap ditampilkan di Tokyo Motor Show 2017.
Honda
Honda Riding Assist-e Concept siap ditampilkan di Tokyo Motor Show 2017.

Otomania.com – Di ajang Tokyo Motor Show 2017 akhir bulan ini, Honda siap meluncurkan konsep sepeda motor dengan alat keseimbangan yang disebut Riding Assist-e Concept.

Tunggangan ini mirip dengan Honda Riding Assist Concept yang dipamerkan dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas tahun ini. Tapi bedanya, versi yang akan dipamerkan di Tokyo tak pakai bensin, tapi cukup dengan tenaga listrik.

Riding Assist-e Concept tak menggantungkan keseimbangan dari giroskop yang berat, tetapi ”mempekerjakan” teknologi robotik. Honda meminjam teknologi ini dari kendaraan personal yang disebut Uni-Cub.

Honda menggunakan frame trelis yang menyangga baterai dan motor elektrik. Kendaraan ini punya poros penggerak pada swingarm satu sisi untuk mentransfer daya. Radiator menghadap ke belakang dipasang tepat di bawah tempat duduk.

Honda Riding Assist-e Concept menggunakan teknologi robotik untuk menyeimbangkan diri.
Honda
Honda Riding Assist-e Concept menggunakan teknologi robotik untuk menyeimbangkan diri.
Port pengisian ulang baterai ada di sisi kiri motor, dan Honda membekalinya dengan beberapa mode berkendara untuk menyesuaikan kondisi dan gaya pengendara.

Pada suspensi, motor konsep ini menggunakan garpu teleskopik di depan dan monosok Pro-Link di belakang. Pelek alloy-nya dibalut ban Bridgestone. Rem menggunakan peranti cakram dengan kaliper dari Nissin.

Lampu depan dan belakang pakai LED. Sementara instrumen digital menunjukkan kecepatan dan yang unik, ada petunjuk sudut kemiringan kendaraan.

Jika diproduksi kelak, sepeda motor seperti ini diyakini sangat ideal untuk membantu para pemula berkendara. Detailnya akan dikupas Honda saat pameran.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa