Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor dan Mobil Kawin, Begini Jadinya

Donny Apriliananda - Minggu, 8 Oktober 2017 | 09:13 WIB
Trike Bike Ojo Dumeh Kustomfest 1
Trike Bike Ojo Dumeh Kustomfest 1

Otomania.com - Ratusan sepeda motor kustom menarik perhatian di Kustomfest 2017. Tapi ada satu ikon yang dipajang dengan panggung khusus, yakni trike bike merah yang diberi nama "Ojo Dumeh".

Gabungan sepeda motor dan mobil itu disajikan sebagai hadiah pengunjung Kustomfest. Kadarnya lebih dari modifikasi, namun sudah masuk ranah seni. Motor itu juga punya banyak kisah yang bisa diceritakan lagi oleh pemiliknya nanti.

Pentolan proyek Ojo Dumeh, Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi, menjelaskan bahwa setengah bodi ke depan dirancang sebagai motor. Shockbreaker depan springer diapit setang kustom, di tengah rangka kustom terpasang mesin 1.200 cc Harley-Davidson Buell berikut charging system dan transmisinya.

Sementara itu dari tengah bodi ke belakang dibangun agar senyaman mobil, acuan kaki-kakinya diambil dari Porsche 914. Bagian yang ditiru suspensi independen berikut differential-nya. Menyambungkannya dengan rantai, tata letak, serta dudukannya dibuat kustom.

Menyematkan kemampuan mobil di roda belakang Ojo Dumeh bikin berkendara jadi lebih mudah. Pasalnya, saat berbelok suspensi akan bekerja sendiri-sendiri hingga membantu traksi ban lebih baik.

Trike Bike Ojo DUmeh Kustomfest 2
Trike Bike Ojo DUmeh Kustomfest 2
Penampilan dan Nama
Menyempurnakan tampilan Ojo Dumeh, warna merah di bodinya merupakan penghargaan buat sponsor Suryanation Motorland. Selain itu juga ada ukiran tangan di bagian mesin yang proses pengerjaannya penuh tekanan dan tidak boleh salah karena tidak bisa diulang.

Terkait nama Ojo Dumeh, Lulut menjelaskan diambil dari ungkapan dalam bahasa Jawa yang merupakan nasehat dari tokoh pewayangan Kiai Semar. Menurut Lulut Ojo Dumeh bisa dimaknai sebagai refleksi yang secara filosofi mengarahkan untuk introspeksi diri. 

“Maka itu motor ini kami namakan Ojo Dumeh, artinya jangan merasa lebih dan sok. Artinya kita harus membumi. Nasehat itu sesuai dengan kondisi negara kita yang hiruk pikuk dan kita kembali lagi ke budaya. Ojo dumeh,” ujar Lulut.

Daftar spesifikasi:

Engine
Engine: Harley Davidson Buell 1200cc converted from Injection to carburetor.
Ignition: Dual ignition system Harley Davison.
Charging system: stock Harley Davidson Buell.
Intake manifold: S&S.
Carburetor: S&S Super E shorty
Exhaust: 2 in 2 freeflow, truckin' style, design & fabrication by Retro Classic Cycles

Transmission
5 speed Harley Davidson Buell.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa