Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jok Mobil "Anti-Haus" dari Nissan

Donny Apriliananda - Jumat, 6 Oktober 2017 | 07:45 WIB
Jok anti-dehidrasi
Jok anti-dehidrasi

Otomania.com - Ada hal yang kerap dianggap remeh, tapi sama bahayanya dengan mabuk ketika mengendarai mobil, yakni kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika ini terjadi, konsentrasi berkurang drastis.

Inilah kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian Universitas Loughborough dan European Hydration Institute (EHI).

Nissan, bekerjasama dengan studi desain Droog Belanda, merespons hasil studi tersebut, dan mengembangkan sebuah kemudi serta kursi khusus yang bisa mendeteksi keringat dan tingkat dehidrasi, demi keselamatan dan kesehatan di jalan.

Teknologi itu disebut Soak, yang akan memberikan petunjuk dengan warna. Jadi, keringat tubuh seseorang yang tinggi garam menandakan mereka dehidrasi, dan kursi akan berubah menjadi kuning. Namun jika berubah menjadi biru gelap, pengemudi bebas dari kekurangan cairan, mengutip AutoExpress.co.uk, Kamis (5/10/2017).

Droog, perusahaan desain yang berbasis di Amsterdam, menyusun beberapa bahan tekstil yang bisa bereaksi terhadap keringat, dan akan berubah warna sesuai dengan tanda-tanda dehidrasi tersebut.

Pada penelitian 2015 lalu, EHI mengatakan, pengemudi yang mengalami dehidrasi di belakang kemudi rawan kesalahan, sama seperti mereka yang di dalam darahnya terkandung kadar alkohol sebesar 0,08 persen.

Teknologi Nissan-Droog tersebut, sudah dipasang pada Nissan Juke untuk tujuan uji coba, di mana saat ini mereka masih belum berencana untuk menerapkannya di model lain. Rencana produksi massal juga belum dikonfirmasi.

Harus banyak minum kalau jok ini berubah warna.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Auto Express

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa