Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Benarkah Harga Mobil Kia Kemahalan?

Donny Apriliananda - Kamis, 5 Oktober 2017 | 17:30 WIB
KIA All New Rio
KIA All New Rio

Jakarta, Otomania - PT KIA Mobil Indonesia (KMI) harus menyesuaikan diri dengan prinsipal, memposisikan sebagai merek dengan harga jual yang dibilang tak murah. Ada semacam "pagar" yang membuat posisi harga harus sebanding dengan kualitas kelas dunia.

Harry Yanto, General Manager Business Development KMI, dalam test drive tiga produk untuk media di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (5/10/2017), mengatakan bahwa pihaknya memang harus mengikuti arahan prinsipal yang memposisikan merek di segmen menengah ke atas.

Dirinya menakui jika harga mobil-mobil KIA cenderung mengarh ke atas, karena arahan dari KMC, mereka tak mau main di kelas murah. "Kalau murah, kualitas kurang baik, dan akhirnya menerima banyak komplain. Tai terbukti, dengan strategi ini brand value Kia naik 6 persen tahun lalu,” kata Harry.

KIA harus bertarung head to head dengan pemain Jepang sampai dari sisi harga, bahwa mereka benar-benar concern menjaga kualitas. Sampai ada semacam prinsip, bahwa mobil Kia yang dijual di 172 negara di dunia, kualitasnya harus sama. Kalau pun impor, harus CBU asli.

Semua pakem dan struktur mobil-mobil Kia di dunia selalu sama. Misalnya soal rangka sampai fitur keamanan dasar. Setiap mobil Kia menggunakan struktur AHSS atau singkatan dari Advanced High Strengthened Steel untuk meningkatkan standar keamanan.

”Secara spesifikasi memang (negara-negara pengimpor) masih bisa memilih. Misalnya ada fitur kontrol traksi, sunroof, atau lainnya. Tapi tidak dengan struktur. Semua harus sama, termasuk standar perakitannya, terutama kenyamaan dan keamanan,” ucap Harry.

Saat ini, KMI mengimpor utuh seluruh line up dari Korea Selatan. KMC pun hanya memilki beberapa pabrik besar di dunia, salah satunya di Rusia, Amerika Serikat, dan Meksiko, untuk memasok unit dan model ke seluruh dunia.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa