Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sabar Menunggu Kiriman Unit Xpander

Azwar Ferdian - Selasa, 22 Agustus 2017 | 17:35 WIB
Skema Kredit Mitsubishi Xpander
Stanly/KompasOtomotif
Skema Kredit Mitsubishi Xpander

Jakarta, Otomania.com - Ribuan orang tercatat sudah memesan Mistubishi Xpander, baik dalam pameran GIIAS 2017, atau saat peluncuran di kota-kota lain. Menurut data terakhir, Surat Pemesaan Kendaraan (SPK) Xpander yang masuk di GIIAS menembus 5.281 unit.

Masalahnya, adalah Xpander berstatus tidak ready stock, karena baru akan mulai diproduksi pada September mendatang. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menyatakan pengiriman perdana akan dilakukan Oktober 2017, alias dua bulan lagi. Itu paling cepat, atau berlaku buat pemesan pertama.

Salah satu tenaga penjual di GIIAS 2017 menjelaskan, prioritas pengiriman adalah para pemesan yang punya SPK di GIIAS 2017. Hanya saja, bila bicara masalah waktu pengiriman, tenaga penjual tersebut pasrah dan tak bisa berjanji.

”Pengiriman memang awal Oktober. Tapi antreannya sudah banyak, bisa sampai akhir tahun baru dapat mobilnya,” ujar tenaga penjual Mitsubishi seperti dilansir KompasOtomotif, Sabtu (19/8/2017), di ICE, BSD City, Tangerang.

Sales tersebut jyga tak mau berjanji unit Xpander akan datang Oktober atau November. Dia meminta waktu aman, Xpander dikirim Desember jika melakukan SPK sekarang.

Produksi
MMKSI punya kapasitas memproduksi Xpander 80.000 unit satu tahun, 60.000 unit di antaranya untuk pasar domestik. Jika dibagi 12 (bulan), berarti kemampuan produksi pabrik di Bekasi adalah 5.000 unit dalam satu bulan untuk konsumen dalam negeri.

Masalahnya, MMKSI pernah berujar bahwa produksi akan dilakukan bertahap, alias belum menggunakan kapasitas secara penuh. Bisa jadi kemampuan produksi maksimal 3.000-4.000 unit sebulan, bandingkan dengan jumlah pemesanan yang terus bergulir bak bola es, yang ada di angka 5.000 unit lebih.

Patokan awal, jumlah SPK di GIIAS 2017 adalah 5.281 unit. Ingat, jumlah ini belum ditambah dengan pesanan se-Indonesia. Itu hanya untuk bulan ini! Hari berganti, pemesanan dipastikan terus bertambah.

Hitungan realistis, pemesanan di luar GIIAS 2017 taruhlah 5.000-an unit juga. Atau artinya, total pemesanan untuk saat ini kira-kira mencapai 10.000 unit.

Memenuhi demand ini, MMKSI berarti butuh waktu dua sampai tiga bulan, bergantung seberapa mampu pabrik menggenjot produksi. Ini hanya untuk pemesanan Agustus 2017. Jika Anda memesan bulan depan, hampir dipastikan unit akan datang lebih lama lagi.

Masuk akal juga kalau tenaga penjual bisa berjanji, kalau unit datang akhir tahun, alias mentok pada bulan terakhir 2017. Tapi kemungkinan terburuknya bisa jadi, konsumen akan menerima unit tahun depan.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa