Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap, Oktober Motor Dilarang Masuk Jalan Ini

Setyo Adi Nugroho - Senin, 21 Agustus 2017 | 08:25 WIB
Pengguna sepeda motor di Jakarta.
Agus Susanto-Dok Kompas.com
Pengguna sepeda motor di Jakarta.

Tangerang, Otomania.com – Rencana pembatasan lalu lintas bagi sepeda motor di beberapa kawasan di Jakarta, telah direncanakan Pemda DKI Jakarta, Polda Metro Jaya bersama beberapa pihak terkait. Ini dilakukan untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih efektif dan efisien.

Ini berdasarkan data, dalam kurun waktu lima tahun, pertumbuhan roda dua rata-rata mencapai 9,7 persen sampai 11 persen sementara roda empat rata-rata 7,9 persen sampai 8,75 persen. Namun ini tidak diimbangi dengan penambahan infrastruktur yang berkisar 0,01 persen sehingga berdampak pada peningkatan volume pada kawasan, kondisi dan waktu tertentu.

“Akan dilakukan secara bertahap. Kita sudah lakukan focus group discussion (FGD) pada 8 Agustus lalu, dan rapat koordinasi pada 15 Agustus lalu. Rencananya tahap sosialisasi akan dilakukan 21 Agustus sampai 11 September 2017,” ucap AKBP Budiyanto, Kasubdit Bid Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya dalam keterangannya, Minggu, (20/8/2017).

Kemudian setelah sosialisasi akan dilaksanakan rapat persiapan uji coba pada 5 September, penyiapan SK Kadishub (uji coba) pada 11 September. Disusul uji coba pada 12 September sampai 10 Oktober 2017, evaluasi 14,20 dan 28 September, penyiapan Pergub serta penerapan 11 Oktober mendatang.

Kawasan yang diusulkan oleh Dinas Perhubungan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) adalah ruas jalan Sudirman mulai Bundaran HI sampai bundaran Senayan, serta ruas jalan HR Rasuna Said, Jalan Sudirman sampai Imam Bonjol. Waktu pemberlakuan mulai 06.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Kawasan yang diusulkan forum lalu lintas, adalah kawasan jalan ganjil genap mulai Sudirman Thamrin sampai Gatot Subroto. Usulan waktu pemberlakukan mulai pukul 06.00 sampai 23.00 WIB.

Guna melancarkan program tersebut Pemda bekerja sama dengan PT Trans Jakarta akan mempersiapkan shuttle bus dan layanan bus pengumpan atau feeder serta bekerja sama dengan pengelola gedung untuk fasilitas parkir.

Pembatasan lalu lintas untuk sepeda motor bukan kali pertama dilakukan di DKI Jakarta. Saat ini pembatasan telah dilakukan pada ruas jalan Bundaran HI sampai Medan Merdeka Barat sampai Bundaran Patung Kuda Monas yang berlangsung kurang lebih dua tahun. Pemberlakukan ini sesuai dengan Perda No 195 tahun 2015.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa