Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Voxy Semewah Alphard, tapi Bisa Libas Banjir Seperti Avanza

Febri Ardani Saragih - Jumat, 11 Agustus 2017 | 19:05 WIB
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS),  Kamis (10/8/2017).
Febri Ardani/otomania.com
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).

Tangerang, Otomania.com – MPV baru Toyota, Voxy, menawarkan sesuatu yang lain dari NAV-1. Menurut pihak divisi perencanaan dan pengembangan produk Toyota Astra Motor (TAM), desain Voxy  yang mengarah sporty bakalan lebih disukai ketimbang NAV-1 yang elegan.

Di Jepang, Toyota punya pilihan tiga MPV medium mengotak satu platform yaitu Noah (NAV-1), Voxy, dan Esquire. NAV-1 didesain mewah, sporty untuk Voxy, dan elegan buat Esquire. Ketiganya mengisi kelas di atas Sienta dan di bawah Alphard.

Setelah NAV-1 diputuskan berhenti produksi di Indonesia, TAM memutuskan menjual penggantinya, facelift generasi ketiga Voxy. Peluncurannya dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017) dengan harga Rp 446 juta.

Eksterior

Desain bodi Voxy dirancang terlalu modern. Tommy Hermansyah dari tim Product Knowledge TAM mengatakan arah desainnya terapan gadget yang mengacu pada teknologi.

Wajah Voxy futuristik, lampu-lampunya bertumpuk. Daytime running light (DRL) terpisah dan berada di atas lampu depan namun menyatu dengan gril. Di belakang, lampu rem didesain juga menumpuk.

Voxy cuma tersedia satu varian, 2.0L CVT, jadi TAM memilih spesifikasi yang terlengkap. Di sekujur bodi sudah dilengkapi aerokit dan pelek 16 inci. Ada tiga warna yang tersedia, yaitu hitam, white pearl, dan warna baru Inazuma Sparking Black.

Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS),  Kamis (10/8/2017). Daytime running light terpisah dari lampu depan
Febri Ardani/otomania.com
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017). Daytime running light terpisah dari lampu depan
Warna Inazuma Sparking Black menawarkan sensasi yang berbeda. Saat terkena sinar matahari langsung, warna ini memunculkan efek emas. Namun di dalam ruangan, warnanya hitam seperti biasa.

Spesifikasi Voxy buat Indonesia spesial dicocokan buat kebutuhan lokal, kata Tommy. Salah satunya TAM meminta Voxy memiliki jarak bodi terendah (ground clearance) 16,5 cm, itu setara Avanza dan Sienta namun tinggi dari Alphard. Angka segitu didapat karena seting suspense Voxy diminta yang terpanjang.

Jarak bodi terendah setinggi itu penting buat kendaraan di Indonesia. Alasan utamanya buat mudah beradaptasi dengan berbagai jenis jalan, selain itu juga sebagai batas aman melewati banjir. 

Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS),  Kamis (10/8/2017).
Febri Ardani/otomania.com
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS),  Kamis (10/8/2017). Jok baris kedua captain seat.
Febri Ardani/otomania.com
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017). Jok baris kedua captain seat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa