Upaya Menyadarkan Pengendara Motor untuk Tidak Melintasi Trotoar

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 27 Juli 2017 | 13:05 WIB
Kampanye Gatel, didukung NTMC dan YAHM, sasar pemotor yang menyalah gunakan trotoar
Otomania
Kampanye Gatel, didukung NTMC dan YAHM, sasar pemotor yang menyalah gunakan trotoar


Jakarta, Otomania.com – Ketertiban di jalan raya dapat terwujud bila setiap pengguna mematuhi peraturan dan tata tertib berlalu lintas. Salah satu yang menjadi perhatian adalah mengetahui fungsi bagian jalan serta hak kewajiban masing-masing pengguna jalan.

Otomania.com bersama Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) dan NTMC Polri kembali mengadakan acara Gatel On The Road (GOTR), Kamis (27/7/2017), sebagai bagian dari kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) yang sudah digaungkan tahun lalu. Kali ini Otomania memberi perhatian pada penyalahgunaan trotoar dari fungsinya untuk para pejalan kaki.

Sebelumnya sempat viral video koalisi pejalan kaki yang diintimidasi oknum saat menuntut pengembalian hak pejalan kaki. Kejadian ini membuat perhatian penyediaan ruang untuk pejalan kaki kembali ramai diperbincangkan.

“Pengguna roda dua yang menggunakan trotoar tidak sebagaimana mestinya mengganggu hak para pejalan kaki. Untuk itu perlu diberikan kesadaran tertib berlalu lintas yang benar,” ucap AKP Restu Indra dari NTMC Polri yang hadir pada kampanye kali ini bersama Bripda Nova Dwiningtyas.

Kampanye kali ini diadakan di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat yang memiliki trotoar lebar untuk pejalan kaki. Arus lalu lintas satu arah yang berada di kawasan ini kerap digunakan pengguna sepeda motor melawan arah dengan melewati trotoar.

Pelaksanaan kampanye menyasar pengendara motor yang melewati trotoar. Selain diberikan tindakan nantinya pengendara motor akan diberi penyuluhan mengenai fungsi dan kegunaan trotoar yang benar.

Kampanye Gatel yang juga didukung penuh oleh YAHM, bersinergi dengan kampanye YAHM yang fokus pada keselamatan berlalu lintas yakni #Cari_Aman.

Keselamatan berlalu lintas selalu menjadi perhatian utama kami dan kampanye Gatel salah satunya adalah cara penyebara virus-virus positif berkendara aman yang sejalan dengan kampanye kami #Cari_Aman. Harapannya melalui kegiatan ini kita dapat mengedukasi para pengguna sepeda motor dan menyadarkan perilaku berkendara yang aman sangat penting bagi diri sendiri juga orang lain,” ucap Ahmad Muhibbuddin, Wakil Ketua YAHM di kesempatan yang sama.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa