Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Bongkar Alasan Young Star Tidak Bersinar

Febri Ardani Saragih - Senin, 10 Juli 2017 | 10:35 WIB
Suzuki Satria F115 Young Star meluncur sebagai adik Satria FU 150.
SIS
Suzuki Satria F115 Young Star meluncur sebagai adik Satria FU 150.

Jakarta, Otomania.com – Setelah cukup lama menikmati pasar model ayam jago sendirian dengan Satria F150, Suzuki Indomobil Sales (SIS) R2 pernah berusaha ekspansi lewat peluncuran Satria F115 Young Star pada 2015. Sayangnya, usaha itu tidak pernah sukses.

Young Star menggunakan mesin injeksi 115cc serupa bebek Smash. Sasisnya underbone, dengan desain ayam jago, namun berbeda dari Satria F150 suspensi belakangnya dual shockbreaker seperti bebek biasa.

Young Star ditujukan buat anak-anak muda, lebih belia dari konsumen Satria F150. Pemikiran itu diambil salah satunya dari antusiasme pebalap muda di ajang balap Satria F150. SIS R2 merasa perlu mengakomodasi antusias itu dengan Young Star.

Baca: Ini Alasan Suzuki Melahirkan Young Star

Masalah Young Star tidak laku di pasaran sebenarnya bukan karena desain tidak digemari atau SIS R2 yang menargetkan konsumen di bawah 17 tahun, tapi dari harga.

Mesin 115 cc terbaru dengan teknologi rendah gesekan, diklaim irit bahan bakar.
SIS
Mesin 115 cc terbaru dengan teknologi rendah gesekan, diklaim irit bahan bakar.
Saat meluncur pada Mei 2015, Young Star dijual Rp 16,5 juta. Banderol itu mepet dengan Kawasaki Athlete bermesin 125cc dengan monoshock. Selain itu Young Star 115cc dinilai kemahalan sebab skutik 125cc yang ada di pasaran harganya selevel.

Yohan Yahya, Departemen Head Marketing and Sales SIS R2 menjelaskan kepada Otomania.com, Rabu (5/7/2017), awalnya perusahaan mau membuat dua diferensiasi Satria F150. Pembedanya dari sisi harga, yaitu Satria F150 dijual Rp 20 jutaan, lalu dibuatkan yang baru mengisi Rp 17 jutaan, dan Rp 14 jutaan yang harusnya ditempati Young Star.

“Rp 17 jutaan itu Satria F150 yang minimalis, Rp 14 jutaan Young Star. Tapi pada kenyataannya kami sudah produksi, harganya tidak terkejar. Jadi harganya di atas yang lain tapi mesinnya 115cc,” jelas Yohan.

Tak sesuai visibilitas bisnis, Young Star akhirnya berhenti diproduksi pada 2016. Yohan juga mengatakan Young Star bukan bagian rencana peluncuran 8 model baru pada tahun ini. Sebelumnya, SIS R2 sudah meluncurkan bebek Smash pada Maret lalu yang juga sempat berhenti diproduksi pada 2016. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa