Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polisi Belum Terbitkan STNK Motor Listrik

Febri Ardani Saragih - Jumat, 7 Juli 2017 | 14:35 WIB
Menteri Perindustrian Saleh Husin geber Zero SR edisi Black Stealth di IIMS 2016, Jumat (7/4/2016).
Febri Ardani/KompasOtomotif
Menteri Perindustrian Saleh Husin geber Zero SR edisi Black Stealth di IIMS 2016, Jumat (7/4/2016).

Jakarta, Otomania.com – Tidak bisa dihindari lagi, era kendaraan listrik juga mulai masuk ke Indonesia. Namun, perkembangannya tidak akan bisa ke mana-mana tanpa sarana pendukung seperti ketersediaan dokumen registrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

Sudah banyak merek yang menjual kendaraan listrik di dalam negeri, misalnya Garansindo dengan Zero, merek asal Indonesia yang sudah mengklaim memproduksi skuter listrik Viar Q1, dan Prestige Image yang menjual Tesla.

AKBP Iwan Saktiadi, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan, belum ada aturan resmi soal STNK untuk kendaraan listrik.

“Dalam Undang-Undang 22/2009 memang belum diatur untuk kendaraan listrik. Tapi Korlantas bakal menerbitkan aturan baru. Kalau sekarang belum bisa didaftarkan, logikanya STNK itu kan berkaitan dengan SIM (wacana kategorisasi SIM C) dan kapasitas mesin,” ujar Iwan, Kamis (6/7/2017).

Produk seperti undang-undang  dikatakan Iwan tidak bisa instan. Sebelum terbit harus melewati kajian yang melibatkan ahli. Dia percaya aturan STNK kendaraan listrik sedang dibicarakan namun belum hadir dalam jangka waktu dekat. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa