Jangan Malas Bersihkan Filter Udara Mobil

Aditya Maulana - Senin, 3 Juli 2017 | 20:10 WIB
Bersihkan filter udara motor
tegean.wordpress.com
Bersihkan filter udara motor

Jakarta, Otomania.com - Masyarakat yang kemarin mudik menggunakan mobil pribadi jangan lupa membersihkan filter udara. Apalagi perjalanan ke kampung halaman melewati jalan tol fungsional Kaligangsa-Gringsing.

Jalan bebas hambatan itu karena belum sepenuhnya selesai maka banyak debu. Kiri dan kanan jalan didominasi oleh tanah merah, sehingga jika cuaca tidak hujan menjadi debu dan bisa membuat saringan udara menjadi cepat kotor.

Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, membersihkan bisa dilakukan sendiri, tanpa harus ke bengkel.

Langkah pertama, buka kap mesin, lalu klip rumah saringan udara ikut dilepaskan. Setelah itu, ambil filter udara dan bisa dibersihkan dengan cara di semprot angin.

"Lebih baik dibawa ke tukang tambal ban untuk minta disemport menggunakan airgun dari arah berlawanan dengan arah masuknya udara ke dalam saringan," ujar Iwan kepada Otomania.com belum lama ini.

Berikutnya, jika dirasa sudah bersih bisa langsung dipasangkan kembali. Sebab, bersih atau kotornya filter udara akan berpengaruh kepada kinerja mesin.

Menurut Iwan, biasanya membersihkan filter itu setiap 10.000 km atau setiap servis berkala, tetapi jika digunakan mudik lebih baik dicek, dan jika sudah kotor segera dibersihkan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa