Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usai Mudik, Wajibkah Motor Ganti Oli?

Aditya Maulana - Jumat, 30 Juni 2017 | 11:35 WIB
Kelebihan isi oli motor
otoengine.com
Kelebihan isi oli motor

Jakarta, Otomania.com - Sepeda motor masih menjadi kendaraan yang dipilih masyarakat untuk mudik Lebaran. Padahal, pemerintah dan polisi tidak memperbolehkan, karena dinilai minim dari sisi keamanan dan keselamatan.

Meski begitu, pemudik tetap memilih "kuda besi" sebagai alat transportasi ke kampung halaman. Tetapi, perlu diingat bahwa sebelum mulai perjalanan baik itu berangkat atau pulang, kondisi motor harus prima.

Minimal, melakukan pengecekan komponen penting seperti rem, lampu utama, hingga mengganti oli mesin. Tujuannya, agar selama diperjalanan tidak mengalami gangguan.

Lantas apakah usai mudik, pemilik motor harus kembali mengganti oli mesinnya? Menurut Bambang Budiyanto, Reaserch and Community Marketing Evalube Lubricants, tergantung dari jarak tempuh, sebab masing-masing orang berbeda tujuan.

"Kalau berangkat dengan pulang belum mencapai batasan ganti oli, sebaiknya tunggu saja sampai kilometer yang dianjurkan," kata Bambang belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Namun, jika sudah lewat atau sedikit lagi mencapai batas yang dianjurkan maka wajib langsung mengganti pelumas. Tujuannya, agar kondisi mesin tetap prima.

"Tergantung juga dari pemilik motornya, kalau dia merasa memang mau diganti, silahkan saja. Karena ada juga ukuran ganti oli itu tidak hanya jarak tempuh, tetapi melihat dari seberapa besar mesin bekerja setiap harinya," ujar Bambang.

Interval ganti oli mesin yang dianjurkan oleh produsen berbeda-beda. Mulai setiap 3.000 km, 4.000 hingga 5.000 km.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa