Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Pakai "E-money" di Ruas Tol Palimanan-Cikarang

Aditya Maulana - Kamis, 29 Juni 2017 | 13:35 WIB
Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik
(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com)
Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik

Jakarta, Otomania.com - Melakukan transaksi pembayaran jalan Tol menggunakan e-toll atau e-money jelas lebih cepat ketimbang membayar secara tunai. Bahkan, kini hampir di setiap ruas jalan bebas hambatan sudah terpasang Gardu Tol Otomatis (GTO).

Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur memberikan tips buat pemudik yang menggunakan e-money untuk transaksi pembayaran Tol, khususnya tuas Palimanan-Cikarang (cluster 1).

Dijelaskan Subakti di grup Pam Ops Ramadniya 2017, ketika melakukan transaksi di gardu masuk, e-money harus di tapping pada reader. Jika tidak nanti di gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) harus membayar tunai.

"Untuk ruas Palimanan-Cikarang, petugas gardu tidak me-tapping e-money di reader, melainkan memberikan kartu tanda masuk. Jika seperti itu, minta e-money di tapping saja," ujar Subakti, Rabu (28/6/2017).

Namun, lanjut Subakti jika pemilik mobil tidak tapping e-money maka di gerbang Tol Cikarut, harus membayar dengan uang tunai. Alasannya, tidak terdeteksi gardu asal.

"Kami juga meminta agar petugas di gerbang Tol Palimanan dapat disoasialisasikan kembali terkait prosedur atau mekanisme transaksi menggunakan e-money," kata dia.

Menurut Subakti, proses tapping e-money juga harus dilakukan dua kali. Pertama untuk cluster Pejagan-Palimanan, dan kedua sebagai tanda masuk asal gerbang tol Palimanan-Cikarang Utama.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa