Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Benar Antisipasi Saat Pecah Ban

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 29 Juni 2017 | 08:37 WIB
Ilustrasi pecah ban
tsikot.com
Ilustrasi pecah ban


Jakarta, Otomania.com – Salah satu masalah yang dialami pengemudi mobil ketika berkendara adalah pecah ban. Peristiwa ini bahkan kerap terjadi di jalur tol selama musim mudik.

Pengalaman pecah ban tentu membuat pengemudi panik atau paling parah kaget dan membuat mobil berada dalam kondisi berbahaya. Sebenarnya ada yang perlu dilakukan agar saat peristiwa pecah ban, pengemudi masih dapat mengendalikan mobil ke tempat yang aman.

“Paling penting jangan panik. Begitu ban meletus biasanya kaget dan mobil akan oleng. Usahakan pengemudi menguasai kendaraan, jangan panik,” ucap Akhir Anarkhimurni, Senior Tester R&D PT Gajah Tunggal saat dihubungi beberapa waktu silam.

Langkah yang perlu dilakukan adalah hindari penggunaan rem atau jauhkan kaki dari pedal rem. Guna mengurangi laju kendaraan lepas pedal gas secara perlahan. Jangan mendadak karena ban mobil tidak sempurna menggigit aspal.

Tetap genggam lingkar kemudi dengan erat dan pertahankan arah mobil agar tetap lurus. Segera menyalakan lampu sein kiri untuk memberitahukan mobil bergerak menepi.

Setelah berada di tepi jalan, nyalakan lampu hazard dan mulai melakukan pengereman hingga mobil benar-benar berhenti. Terus nyalakan lampu hazard agar pengendara lain mengetahui mobil sedang bermasalah.

“Guna menghindari kejadian pecah ban, pastinya harus dilakukan pengecekan tekanan udara secara berkala. Terutama sebelum perjalanan jauh. Patuhi aturan kecepatan di jalan tol untuk menghindari keadaan yang tidak diinginkan,” ucap Akhir.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa