Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catat, Batas Maksimal Kecepatan Mobil di Tol Fungsional

Aditya Maulana - Rabu, 21 Juni 2017 | 07:05 WIB
Ruas Tol Batang-Semarang di exit toll Gringsing, Senin (24/5/2017).
KOMPAS.com / DANI PRABOWO
Ruas Tol Batang-Semarang di exit toll Gringsing, Senin (24/5/2017).

Jakarta, Otomania.com - Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi dua hari lagi. Polisi menghimbau pemudik yang melintas di jalan Tol Fungsional Kaligangsa, Brebes hingga Gringsing, Batang, menjaga kecepatan laju mobil.

Kondisi jalan Tol baru itu belum maksimal, bahkan selama arus mudik ini hanya diberlakukan satu arah, yaitu dari Brebes keluar Gringsing.

"Kita imbau kecepatan kendaraan pemudik jangan lebih dari 40 kpj. Pelan-pelan saja, yang penting lancar," kata Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin saat berbincang dengan Otomania.com, Selasa (20/6/2017).

Benjamin menjelaskan, jalan Tol tersebut punya jarak 114 km, kondisinya sudah dibeton dengan tebal 10 cm. Namun, dipastikan akan banyak debu, pasir, sehingga jangan melewati bahu jalan karena ada selisih antara beton dengan tanah.

"Total pemudik kalau kecepatan 40 kpj bisa sampai 2,5 jam. Itu lebih cepat dibandingkan lewat jalur biasa. Lagi pula tidak ada kendaraan besar, karena Tol ini khusus untuk mobil kecil," ujar dia.

Dipastikan Benjamin, tidak akan ada kemacetan di jalan Tol tersebut, sebab sepanjang jalur terdapat tujuh pintu keluar. Paling penting, tidak ada simpul yang membuat kemacetan.

"Jadi kalau keluar di pintu tol paling ujung, pilihannya hanya ke kanan saja, langsung masuk ring road Kendal, jadi cukup besar dan tidak akan macet," ucap Benjamin.

Video Merapah Trans Jawa

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa