Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Patroli Jalan Tol Juga Bawa BBM Kemasan

Febri Ardani Saragih - Selasa, 20 Juni 2017 | 18:12 WIB
Mobil operasional di Jalan Tol Solo-Ngawi
GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com
Mobil operasional di Jalan Tol Solo-Ngawi

Surabaya, Otomania.com – Upaya menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) langsung buat pemudik juga dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Contohnya yang dilakukan PT Solo Ngawi Jaya, BUJT yang mengelola Jalan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer.

Sepanjang 70 kilometer di antaranya dibangun PT Solo Ngawi Jaya, sementara 20,25 kilometer sisanya merupakan bagian pemerintah pusat yang didanai Anggaran Pendapatan dan Belaja Negara (APBN).

Pada mudik dan balik Lebaran 2017, ruas tol yang difungsikan adalah Solo-Sragen sepanjang 16,5 kilometer. Status ruas jalan ini masih fungsional yang berarti bisa gunakan pemudik namun kondisinya darurat.

Jembatan Klodran di Tol Solo-Kertosono
RODERICK ADRIAN MOZES/Kompas.com
Jembatan Klodran di Tol Solo-Kertosono
Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya David Wijayanto menjelaskan sudah menyiapkan berbagai skenario mengantisipasi macet, termasuk penyediaan BBM yang dikerjasamakan dengan PT Pertamina (persero) Tbk.

“Kami telah menyiapkan infrastruktur, rambu-rambu, dan pengaturan lalu lintas oleh lima Kepolisian Resort (Polres) yakni Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, dan Ngawi,” tutur David kepada Tim Merapah Kompas.com dan Otomania.com, Minggu (18/6/2017).

Skenarionya, kata David, jika terjadi kemacetan dan pemudik kelelahan, akan diarahkan ke sejumlah “rest area” atau tempat istirahat yang telah disediakan.

Jembatan Klodran di Tol Solo-Kertosono
RODERICK ADRIAN MOZES/Kompas.com
Jembatan Klodran di Tol Solo-Kertosono

PT Solo Ngawi Jaya menyediakan lima “rest area” yang ada di KM 12, KM 21, KM 29, KM 46, dan KM 55. Khusus KM 21 terdapat kios BBM. Ukuran BBM yang disediakan rata-rata dalam kemasan lima hingga 10 liter.

“Jadi kalau nanti pengguna jalan ada yang membutuhkan, mogok, petugas kami akan mendatangi. Pemudik bisa membelinya,” tambah David.

Pertamina sendiri sudah mengerahkan 83 unit sepeda motor pengangkut BBM kemasan yang bisa dibeli para pemudik di titik-titik potensial kemacetan di Jalur Pantai Utara (Pantura).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa