Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Khusus Motor Bebek, Siapkan Ini Sebelum Pulang Kampung

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 16 Juni 2017 | 14:05 WIB
Layanan Servis Honda di mudim mudik 2017
dok. AHM
Layanan Servis Honda di mudim mudik 2017


Jakarta, Otomania.com – Momen mudik selalu jadi acara tahunan yang disambut beragam masyarakat dengan beragam cara. Ada yang kembali ke kampung halaman dengan kereta api, pesawat terbang, kapal laut dan tak sedikit yang menggunakan mobil dan motor.

Khusus motor, setiap tahun jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit. Meski beresiko namun moda transportasi ini tidak pernah absen dari kegiatan mudik.

Untuk itu sebelum digunakan mudik, baiknya pemilik motor mempersiapkan banyak hal untuk tunggangannya.

“Semakin dipersiapkan dengan baik, pengguna motor diharapkan tidak menemui masalah selama perjalanan. Perhatiannya akan tertuju pada kondisi jalan serta keselamatan diri sampai tujuan,” ucap Siswanto, Safety Riding Instructor Wahana Honda saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Salah satu model motor yang banyak digunakan adalah bebek atau cub. Model motor ini masih digunakan karena terbukti tangguh meski saat ini popularitasnya sudah tergantikan skutik.

Persiapan untuk motor bebek sebelum mudik antara lain pemeriksaan oli mesin, kampas rem depan dan belakang, rantai roda serta gear set, ban depan dan belakang, serta bohlam lampu depan, belakang dan sein.

Untuk harga suku cadang, misal untuk Honda Revo Absolut, kampas depan dibanderol Rp 37.000, kampas belakang Rp 26.500. Untuk rantai sekitar Rp 65.000, gir depan Rp 35.500, dan gir belakang Rp 63.000. 

“Semuanya ini wajib diperiksa. Lakukan sebelum waktu keberangkatan mudik. Oli mesin, kampas dan ban jadi yang utama karena fungsinya krusial,” ucap Siswanto.

Sediakan waktu untuk mempersiapkan sepeda motor dengan ke bengkel sebelum waktu keberangkatan. Sebenarnya pemudik motor juga dapat memanfaatkan posko dan bengkel mudik di perjalanan sebab juga menyediakan servis dan bengkel, namun baiknya tetap sebelum berangkat agar tidak mengganggu ritme perjalanan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa